Populer Daerah, Polres Konawe Diserang Hingga Temuan Kerangka di SItus Kumitir

    Lukman Diah Sari - 15 Maret 2021 08:00 WIB
    Populer Daerah, Polres Konawe Diserang Hingga Temuan Kerangka di SItus Kumitir
    Ilustrasi. Gunung Merapi. (ANTARA/HO/Twitter BPPTKG



    Jakarta: Sejumlah berita di daerah menarik perhatian publik. Terdapat tiga berita populer di daerah, pertama Polres Konawe diserbu warga.

    Kedua, perihal aktivitas Gunung Merapi pada Minggu, 14 Maret 2021, pukul 00.00 - 06.00 WIB. Terakhir, temuan kerangka di situs Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur.






    Berikut berita populer daerah, pada Minggu, 4 Maret 2021:

    1. Polres Konawe Diserbu Massa

    Markas Polres Konawe diserbu ratusan orang pada Sabtu, 13 Maret 2021. Massa tersebut  mencoba menerobos masuk pintu gerbang dengan membawa senjata tajam dan bendera.

    Massa meminta agar sembilan tersangka kasus pembakaran rumah yang menyebabkan warga bernama Sattu, 69 meninggal, dibebaskan lantaran pelaku membela harga diri seorang ibu rumah tangga. Tak hanya itu, warga ingin Kapolres Konawe AKBP Yudi Kristianto dicopot karena dianggap tidak berimbang dalam menyelesaikan kasus.

    "Benar (adanya kejadian penyerangan). Adapun sembilan tersangka ditangguhkan penahanannya oleh Polres Konawe setelah adanya penjamin dan permintaan dari tokoh masyarakat," ujar Karo Penmas Kadiv Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, melansir Mediaindonesia.com, Minggu, 14 Maret 2021.

    Selengkapnya baca di sini.

    2. Gunung Merapi Luncurkan 3 Kali Guguran Lava Pijar 

    Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan tiga kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 900 meter ke arah barat daya. Hal itu berdasarkan pengamatan pada Minggu, 14 Maret 2021, mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB.

    Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik
    Humaida menuturkan Merapi juga mengalami 26 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-25 milimeter (mm) selama 12 hingga 87 detik. Kemudian empat kali gempa embusan dengan amplitudo 2-3 milimeter (mm) selama 9 hingga 11 detik dan dua kali gempa fase banyak dengan amplitudo 3 milimeter (mm) selama 7 hingga 8 detik.

    "Asap kawah terpantau berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 400 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi. Sementara cuaca di gunung tersebut cerah, berawan, dan mendung," ujar Hanik.

    Selengkapnya baca di sini.

    3. Kerangka Manusia Ditemukan di Situs Kumitir

    Kerangka manusia ditemukan di Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo,
    Mojokerto, Jawa Timur. Kerangka utuh tersebut ditemukan para penggali dan arkeolog saat proses ekskavasi situs.

    Saat ditemukan, petugas penggali mendapati sebuah tengkorak manusia yang masih utuh dalam kondisi tengkurap. Selain itu, juga terdapat potongan- potongan tengkorak hanya berjarak beberapa puluh sentimeter dari lokasi penemuan yang pertama.

    "Kerangka manusia itu ditemukan pada hari ke-8 ekskavasi tahap dua berlangsung. Posisinya tengkurap, sementara tangan menekuk ke arah dada kemudian wajah seperti menghadap ke barat," kata Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) jawa Timur (Jatim), Wicaksono Dwi Nugroho, melansir Clicks.id, Minggu, 14 Maret 2021.

    Selengkapnya baca di sini.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id