Aceh Berpotensi Dilanda Bencana Hidrometeorologi Hingga Awal April

    Fajri Fatmawati - 31 Maret 2021 14:00 WIB
    Aceh Berpotensi Dilanda Bencana Hidrometeorologi Hingga Awal April
    ilustrasi Medcom.id



    Banda Aceh: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar mengeluarkan peringatan dini Aceh berpotensi diguyur hujan lebat dan sangat lebat hingga awal April. Potensi bencana hidrometeorologi diperkirakan terjadi.

    "Peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan lebat hingga sangat lebat pada kategori 6 dan berdampak banjir dalam skala menegah," kata Kepala Seksi Koordinator Data dan Informasi BMKG Aceh Besar, Zakaria Ahmad, Rabu, 31 Maret 2021.






    Zakaria mengatakan, dampak banjir dalam skala menengah terjadi di wilayah dataran rendah, daerah hilir. Sementara tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dengan potensi dalam skala menengah hingga tinggi.

    "Peringatan dini prakiraan cuaca ini berlaku untuk hari ini Rabu, 31 Maret 2021 mulai pukul 07.00 WIB sampai Jumat, 2 April 2021 Pukul 07.00 WIB," ujarnya.

    Baca: 5 Santri di Pamekasan Tewas Tertimpa Tebing Longsor

    Dia memerinci, kabupaten/kota yang berdampak yakni, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Aceh Jaya dan Kota Banda Aceh.

    "Pada katagori enam ini pesawat bisa ditunda atau dibatalkan sementara penerbangannya. Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana Hidro Meteorologi," ucapnya.

    Masyarakat diimbau selalu waspada terhadap potensi bencana banjir  katagori sedang hingga tinggi untuk daerah aliran sungai dan persawahan. Kemudian genangan di perkotaan, banjir di wilayah hilir, dan banjir bandang.

    "Serta perlu lebih waspada terhadap potensi tanah longsor untuk wilayah pegunungan dalam skala sedang atau wilayah lereng. Demikian juga bahaya angin kencang serta sambaran petir," jelasnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id