comscore

Babel Terima 400 Ribu Vaksin Covid-19 pada Tahap Awal

Media Indonesia.com - 12 Desember 2020 18:26 WIB
Babel Terima 400 Ribu Vaksin Covid-19 pada Tahap Awal
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Pangkalpinang: Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan mendapatkan 400 ribu dosis vaksin covid-19, dari total kuota yang ditetapkan pemerintah sebanyak 700 ribu dosis vaksin sinovac dari Tiongkok. Namun, kapan vaksin tersebut diterima belum di ketahui kepastiannya.

"Ya tahap awal akan dikirim 400 ribu vaksin, tahap selanjutnya 300 ribu vaksin. Tapi kita belum tahu kapan vaksin tersebut dikirim ke Babel," kata Kepala dinas kesehatan (Dinkes) Provinsi Babel, Mulyono Susanto, Sabtu, 12 Desember 2020.
Mulyono mengatakan vaksin ini dikelola oleh BUMN Biofarma. Mereka yang akan menginformasikan kapan akan dikirim ke Babel. 

Saat ini, ungkap dia, pihaknya sudah menyiapkan beberapa hal sebelum vaksin tiba. Meskipun belum tahu kapan tibanya, persiapan peralatan yang akan di pasang untuk cold room telah dilakukan.

Baca juga: Jalur Aceh Timur-Gayo Lues Lumpuh Tertimbun Longsor

Ia menyebutkan, cold room atau ruang dingin merupakan penyimpanan vaksin dalam jumlah banyak merupakan bantuan dari Kemenkes, pemasanganya nanti di bidang farmasi. Terkait pelaksanaan dan teknis vaksinasi, diakui Mulyono, pihaknya belum memperoleh petunjuk dari pusat. 

"Nanti ada tahapan-tahapan (jumlah orang yang akan divaksin), prioritas pertama itu tenaga kerja dan ASN yang berada di lapangan, data-data sudah kita kumpulkan," ujarnya.
 
Sementara, Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, menambahkan sebanyak 400 ribu dosis vaksin covid-19 pada tahap awal ditujukan dengan skala prioritas petugas kesehatan yang berdampak langsung, petugas TNI/Polri, Satgas Medis, dan yang terpapar Covid-19 serta peserta BPJS Kesehatan

"Vaksin ini akan mengenali virus kemudian membangun sistem imun sehingga akan mengebalkan tubuh dari serangan virus korona," imbuhnya. (Rendy Ferdiansyah)

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id