Warga Sumenep Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi

    Rahmatullah - 03 Maret 2021 19:32 WIB
    Warga Sumenep Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi
    ilustrasi Medcom.id



    Sumenep: Masyarakat Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, diimbau mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi meski sekarang tidak lagi berada pada masa puncak musim hujan. Bencana alam disebut bisa datang kapan saja tanpa adanya gejala.

    "Sesuai rilis prakiraan, puncak musim penghujan itu Januari hingga Februari. Meski sekarang sudah Maret namun potensi hujan lebat tetap ada," kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Kabupaten Sumenep, Usman Khalid, Rabu, 3 Maret 2021.






    Baca: Isolasi Mandiri Panti ABK di Malang Dipastikan Sesuai SOP

    Usman menjelaskan dengan adanya potensi hujan deras, dampak bencana yang ditimbulkan harus diantisipasi. Mulai dari genangan, banjir, pohon tumbang, angin kencang.

    Selain itu karena wilayah Kabupaten Sumenep terdiri dari kepulauan, potensi terjadinya gelombang tinggi juga harus diwaspadai. Baik oleh para operator kapal termasuk nelayan.

    "Potensi adanya berbagai dampak dari cuaca ekstrem masih ada. Termasuk juga gelombang tinggi, meski sesuai prakiraan untuk beberapa hari ke depan tinggi gelombang laut tergolong normal," jelas Usman.

    Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi, mengaku memaksimalkan upaya penanggulangan terhadap setiap kemungkinan yang bisa terjadi akibat cuaca.

    Penguatan melalui desa tangguh bencana dinilai penting dilakukan sehingga masyarakat juga lebih siap dan dapat melakukan antisipasi dini terhadap setiap bencana alam.

    "Dengan adanya desa tangguh bencana kita harapkan masyarakat juga dapat lebih siap, bagaimana penanganannya dan sebagainya. Memang saat ini risiko terjadinya bencana alam masih ada. Beberapa hari lalu terjadi bencana angin kencang dan mengakibatkan puluhan rumah warga rusak," ujar Rahman.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id