Jateng Bersiap Menghadapi Musim Hujan

    Mustholih - 19 Oktober 2020 15:23 WIB
    Jateng Bersiap Menghadapi Musim Hujan
    Awan hitam menyelimuti kawasan Kota Yogyakarta, Jumat (9/11/2018). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.
    Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berbenah menyambut musim hujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memperkirakan puncak musim hujan datang lebih awal karena efek fenomena La Nina di Samudera Pasifik.

    "Berkaca yang dulu-dulu, biasanya puncak musim hujan antara Januari-Februari. Karena fenomena La Nina, mungkin mulai Desember hujan sudah lehih dari biasanya," kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Jawa Tengah, Adi Widodo, di Semarang, Jateng, Senin, 19 Oktober 2020.

    Baca: Tanam Ganja Asal Amerika, Pria di Bandung Ditangkap Polisi

    Dia meminta masyarakat Jawa Tengah yang tinggal di daerah berbukit untuk lebih waspada dan warga diminta lebih memperhatikan potensi bencana dari lingkungan sekitar.

    "Kalau sudah ada tanggul yang rembes segera perbaiki. Kalau masyarakat sudah tahu, tidak akan terjadi korban. Kerusakan harta benda pasti, tapi jangan sampai ada korban jiwa," jelas Adi.

    Adi mengungkap pada musim hujan 2019 di Magelang, Purworejo, Purbalingga, dan Banjarnegara menjadi daerah paling rawan di Jateng. Menurutnya ke empat daerah itu memiliki daerah yang rawan longsor jika curah hujan yang tinggi.

    Untuk mengantisipasi datangnya bencana, Adi mengungkapkan BPBD Jawa Tengah sudah memasok logistik ke 35 Kabupaten dan Kota se-jateng. Saat ini BPBD Jateng juga sedang memulai proses penambahan pengadaan logistik. "Kita sedang proses pengadaan sudah dilelangkan. Sudah ada calon pemenang, akhir bulan ini logstik (tambahan) akan kita penuhi," ujar Adi.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id