Usai Demo Berakhir Ricuh, Polisi Patroli Skala Besar

    Triawati Prihatsari - 08 Oktober 2020 22:34 WIB
    Usai Demo Berakhir Ricuh, Polisi Patroli Skala Besar
    Truk Satpol PP Sukoharjo dibakar massa
    Solo: Pihak kepolisian melakukan patroli skala besar usai demo tolak Omnibus Law berakhir ricuh di Bundaran Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis malam, 8 Oktober 2020. Petugas gabungan dari Polres Sukoharjo, dibantu seluruh Polres dari Soloraya dan Polda Jawa Tengah turun langsung mengamankan demo tersebut.

    "Kita mengerahkan 1.000 personel mengamankan demo. Pengamanan dilakukan di dua titik, yaitu di perempatan Universitas Veteran (Univet) Sukoharjo dan Bundaran Kartasura," ujar Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas ditemui usai demo. 

    Sementara itu, terkait dengan penyebab terjadinya kericuhan, pihak kepolisian masih melakukan identifikasi. Termasuk pembakaran unit truk Satpol PP Sukoharjo yang diduga dilakukan oleh pedemo. 

    Akibat demo tersebut, sejumlah petugas keamanan menderita luka akibat lemparan batu dan mereka saat ini dirawat di RS.

    "Penyebab rusuh masih diidentifikasi. Kita juga masih menginventaris kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat demonstrasi. Kita akan langsung lakukan patroli skala besar dengan TNI Polri, serta Satpol PP. Sekarang kondisi sudah kondusif," tegas Bambang.

    Sebelumnya, aksi demo di Bundaran Kartasura Sukoharjo berlangsung ricuh, Kamis malam, 8 Oktober 2020. Massa membakar truk milik Satpol PP Sukoharjo dan sejumlah petugas keamanan terluka akibat lemparan batu dari pedemo. 

    Awalnya, demo berjalan lancar dengan orasi-orasi yang disampaikan orator. Kemudian sekitar pukul 17.30 WIB, kericuhan mulai terjadi. Berawal dari sekelompok massa yang berniat memasang baliho bergambar babi ke Papan Iklan di Depan Bank BRI Kartasura di lokasi demo, namun ditarik oleh petugas keamanan. 

    Hal itu memicu kemarahan massa kemudian sebuah botol air mineral dilempar dari arah pedemo ke petugas. Lemparan tersebut memicu lemparan-lemparan lainnya. Massa melempar batu, botol air mineral dan barang lainnya ke arah petugas. 


    (ALB)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id