Longsor Tol Surabaya-Gempol Diduga karena Masalah Drainase

    Amaluddin - 27 Januari 2021 19:49 WIB
    Longsor Tol Surabaya-Gempol Diduga karena Masalah Drainase
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)



    Surabaya: Kepala Laboratorium Mekanika Tanah dan Batuan Departemen Teknik Sipil Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, Yudhi Lastiasih, menduga ruas tanah ambles di ruas Tol Surabaya-Gempol di KM 6.200 karena masalah drainase.

    "Dugaan sementara karena masalah drainase. Kayaknya air hujan yang mungkin tersumbat dan terkonsentrasi, sehingga tanahnya dapat tekanan berlebih dan akhirnya longsor," kata Yudhi, Rabu, 27 Januari 2021.




    Namun, lanjut dia, perlu penelitian dan penyilidikan lebih lanjut guna memastikan penyebab ruas tol tersebut longsor. Sejauh ini, kata dia, laboratorium ITS belum menerima permintaan riset dari polisi maupun Jasamarga.

    "Sampai detik ini kami belum mendapat koordinasi dari Jasa Marga. Karena setahu saya, belum ada tim yang dibentuk terkait masalah longsor di tol di laboratorium kami," ungkapnya.

    Baca juga: Denda Pelanggar PPKM Jilid I di Jatim Terkumpul Rp539 Juta

    Dia menambahkan, sejumlah tim di Laboratorium Mekanika Tanah dan Batuan biasa menangani jalan tol. Tapi tidak harus melalui laboratorium alih-alih personal.

    "Misalnya Jasa Marga kenal dengan salah satu pakar di ITS, biasanya dihubungi secara personal. Baru setelah itu beliau akan bikin tim, untuk melakukan penyelidikan dan sebagainya," imbuh dia.

    Sebelumnya, Kasat PJR Polda Jatim AKBP Dwi Sum Rahardi, menyebut pihaknya bersama Jasamarga terus berkoordinasi dengan Tim Geoteknik ITS guna penelitian penyebab tanah longsor.

    Longsor di ruas jalan tol Surabaya-Gempol terjadi pada Selasa malam, 26 Januari 2021. Sebelum longsor, di lokasi itu sudah ada temuan penurunan tanah yang mengakibatkan retakan.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id