BIPPLH Hentikan Galian C Sesuai Amdal

    Antara - 05 Februari 2017 10:37 WIB
    BIPPLH Hentikan Galian C Sesuai Amdal
    Salah satu lokasi penambangan galian C -- ANT/Ampelsa
    medcom.id, Denpasar: Pemanfaatan sumber daya mineral galian C diharapkan dapat dihentikan, khususnya di Kabupaten Karangasem, Bali.

    "Hal itu agar sesuai dengan dasar hukum analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan Hidup yang merupakan pengganti PP 27 Tahun 1999 tentang Amdal," kata Ketua Umum Badan Independen Pemantau Pembangunan dan Lingkungan Hidup (BIPPLH) Provinsi Bali Komang Gede Subudi di Denpasar, Bali, Minggu, 5 Februari 2017.

    Komang mengatakan, proses pembuatan Amdal juga melibatkan masyarakat sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat dalam Proses Analisis Dampak Lingkungan Hidup dan Izin Lingkungan. Upaya itu untuk mengedepankan pelestarian lingkungan hidup tanpa merugikan masyarakat sekitarnya, sehingga kelestarian lingkungan dapat terpelihara dengan baik.

    Untuk itu, peran pemerintah mencarikan jalan keluar, dengan harapan kehidupan masyarakat tetap terjamin kesejahteraannya. Hal itu sebagai bentuk komitmen implementasi `Tri Hita Karana`, dengan pembangunan mengedepankan lingkungan hidup.

    Berbagai upaya pun dilakukan untuk menghindari pengerukan dan pengambilan pasir, batu, serta kerikil secara besar-besaran. Sehingga, tidak menimbulkan kerusakan yang berdampak buruk pada masyarakat setempat.

    Menurut Komang, pihaknya telah menyiapkan divisi hukum yang akan melakukan advokasi setiap saat. Pihaknya tidak memberikan toleransi pada pihak atau oknum yang merusak lingkungan hidup.

    "Kami sebagai lembaga kemitraan aktif pemerintah, akan lebih kritis dan memberikan solusi terhadap permasalahan kepentingan masyarakat," pungkasnya.

    (NIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id