Kurir Sabu 4 Kilogram Ditangkap Polres Sleman

    Ahmad Mustaqim - 03 Juni 2021 15:51 WIB
    Kurir Sabu 4 Kilogram Ditangkap Polres Sleman
    Polisi tunjukkan barang bukti sabu-sabu 4 kilogram dan empat kurir yang ditangkap (berbaju oranye). Medcom.id/ahmad mustaqim



    Sleman: Polres Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menangkap empat pengedar sabu seberat empat kilogram. Sabu yang hendak dipasok ke wilayah Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah itu berasal dari Jawa Timur dengan nilai miliaran rupiah.

    Kepala Polres Sleman, Ajun Komisaris Besar Anton Firmanto, mengatakan empat orang yang ditangkap yakni MA, 32; FH, 42; RYA, 28; dan WDP, 26. MA, RYA, dan WDP ditangkap di kawasan Sragen dan Karanganyar, Jawa Tengah pada 16 Mei 2021.  

     



    "Sementara, FH kami tangkap di Malang, Jawa Timur pada 18 Mei," kata Anton di Mapolres Sleman, Kamis, 3 Juni 2021.

    Ia mengatakan, FH menjadi pihak yang memerintahkan MA, RYA, dan WDP untuk mengirim barang haram itu. Pihaknya memperkirakan nilai total barang itu sekitar Rp4,8 miliar.

    Baca: Pasutri Pengedar Sabu di Bandung Ditangkap

    "Satu gramnya dijual Rp1,2 juta, sehingga total Rp4,8 miliar. Mereka ini sebagai kurir," ungkapnya.

    Pihaknya masih mengembangkan kasus itu. Hasil penyidikan sementara, diduga ada pihak besar yang menyuruh pelaku untuk mengirim sabu itu.

    Di sisi lain, para pelaku sudah beberapa kali menjadi kurir sabu. Selain mengirim ke wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta, juga sampai ke Jakarta.

    "Pelaku diberikan imbalan Rp25 juta awal. Saat selesai diedarkan akan diberikan tambahan," Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Sleman, Ajun Komisaris Ronny Prasadana.

    Baca: Petugas Lapas Jombang Gagalkan Penyelundupan Sabu dalam Cabai

    Ronny mengatakan, sabu-sabu seberat 4,012 kilogram menjadi salah satu barang yang disita. Selain itu, ada alat penghisap, empat buah gawai, serta buku tabungan, dan diduga senjata api.

    Ia mengatakan akan mendalami soal jenis senjata dan kepemilikan. Ia mengaku belum bisa memastikan apakah itu ada indikasi ada keterlibatan aparat atau bukan..

    Empat orang itu kini telah ditahan di Mapolres Sleman. Mereka dijerat dengan Pasal 144 ayat 2 UU Narkotika dengan ancaman pidana seumur hidup, atau paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun, serta denda maksimal Rp10 miliar.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id