comscore

Tilap Dana Desa Eks Kades di Pacitan Diciduk

Clicks.id - 10 Agustus 2021 20:20 WIB
Tilap Dana Desa Eks Kades di Pacitan Diciduk
Ilustrasi Medcom.id
Pacitan: Polisi menangkap Wasito, 53, mantan Kepala Desa Worawari, Kecamatan Kebonagung Pacitan ini diduga melakukan tindak pidana korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APDES). Praktik korupsi dilakukan selama menjabat sebagai kepala desa.

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono mengungkapkan kasus korupsi dana APBDES dilakukan tersangka sebanyak enam kali dalam tiga tahun selama menjabat. Kasus pertama di 2016 berupa bantuan keuangan dari Pemkab Pacitan sebesar Rp20 juta. Kemudian di 2017 kembali menilap dana desa senilai Rp25 juta untuk penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).
"Selain itu anggaran dana desa sebesar Rp50 juta untuk pembuatan tambak udang serta anggaran bantuan keuangan dari Pemkab pacitan sebesar Rp30 juta," ungkap Wiwit, Selasa 10 Agustus 2021.

Baca: Bupati Donggala Bantah Tudingan Menahan Dana Desa Marana

Jelang berakhirnya masa jabatan pada 2018, pelaku kembali menilap anggaran proyek jalan dan pembangunan jembatan senilai Rp55 juta. Saat ini polisi masih mendalami kasus ini untuk mengungkap orang lain yang terlibat dalam perkara korupsi tersebut.

"Masih kami dalami untuk keterlibatan dugaan adanya tersangka lain," tandasnya.

Tersangka terancam dikenakan pasal  2 ayat (1)  atau pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara dan denda maksimal Rp1 milyar.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id