comscore

Polisi Sebut Tidak Menemukan Indikasi Sabotase Kebakaran Kilang Minyak Cilacap

Mustholih - 16 November 2021 17:04 WIB
Polisi Sebut Tidak Menemukan Indikasi Sabotase Kebakaran Kilang Minyak Cilacap
Kepulan asap dari Kilang Minyak Pertamina yang terbakar. Foto: MI/Liliek Dharmawan
Semarang: Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, mengaku belum menemukan adanya kelalaian dan sabotase dalam peristiwa kebakaran kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jateng. Luthfi mengungkap hasil penyidikan sementara, kebakaran kilang minyak di Cilacap terjadi akibat induksi sambaran petir.

"Untuk sementara, hasil penyidikan, kelalaian dan sabotase belum kita dapatkan. Labfor sudah bisa masuk ke TKP untuk melakukan pendalaman terkait bukti-bukti menguatkan pembuktian awal," kata Luthfi, Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 16 November 2021.
Jenderal bintang dua ini mengaku, sudah memeriksa tujuh CCTV di dekat lokasi kebakaran. Dia menerangkan, dua CCTV pada pukul 19.10.40 WIB, terdapat kilatan cahaya dan disusul kebakaran diduga akibat sambaran petir di tanki area 36P102.

Baca: Kebakaran Kilang Cilacap Didahului Hujan Petir

"Oleh karena itu, penyidik Polda Jateng, untuk sementara, sesuai dengan keterangan saksi, CCTV dan dari BMKG diduga kebakaran itu akibat dari induksi sambaran petir," ujar Luthfi.

Selain itu, kata Luthfi, Polda Jateng sudah memeriksa enam saksi dengan rincian lima orang di antaranya merupakan orang luar kilang pertamina. Luthfi menambahkan keterangan BMKG menguatkan bahwa sebelum kebakaran terjadi saat itu ada dua titik petir di jarak 45 KM dan 12 KM.

"Hal ini akan kita perjelas dengan keterangan ahli terkait kekuatan petir dengan jarak jauh dapat menimbulkan induksi sehingga mengakibatkan kilatan cahaya, ini akan kita perkuat dengan keterangan BMKG," jelas Luthfi.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id