Pelonggaran KLB di Solo Bikin Pasien Positif Korona Bertambah

    Triawati Prihatsari - 26 Juni 2020 15:29 WIB
    Pelonggaran KLB di Solo Bikin Pasien Positif Korona Bertambah
    Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo
    Solo: Belum genap sepekan Surat Edaran Pemkot Solo terkait pelonggaran status kejadian Luar Biasa (KLB), pasien positif korona di Kota Solo bertambah. Tercatat penambahan satu anak usia 12 tahun dinyatakan positif korona pada Kamis, 25 Juni 2020.

    "Baru dilonggarkan KLB-nya, langsung nambah pasien positif dari anak-anak. Saya minta para orang tua mengawasi anaknya masing-masing secara ketat. Harus diperhatikan betul. Kasihan kalau anak-anak sampai tertular," ujar Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Solo, Jumat, 26 Juni 2020.

    Seperti diketahui, Pemkot Solo mengeluarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 067/1165 tentang Perubahan Atas Pedoman Teknis Pelaksanaan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Solo, yang mengatur anak-anak usia lebih dari lima tahun masuk mal dan tempat keramaian. 

    Sebelumnya, Wali kota Solo mengeluarkan Peraturan Wali kota (Perwali) Nomor 10 Tahun 2020 tentang penanganan covid-19 di Kota Solo mengatur anak-anak di bawah usia 18 tahun dilarang pergi ke mal dan tempat keramaian lain. 

    Rudy menyebutkan, pelonggaran KLB melalui SE tersebut dilakukan atas desakan para orang tua yang mengeklaim anaknya jenuh jika hanya di rumah saja. Terkait penambahan pasien positif tersebut, Rudy akan segera melakukan evaluasi.

    "Nanti akan berubah lagi aturannya. Baru kita lepas di tingkat balita saja langsung ada penambahan pasien positif. Anak-anak pula. Nanti akan diubah, mungkin batasan usia akan ditambah," imbuhnya.

    Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengatakan kasus baru anak usia 12 tahun positif Covid-19 itu awalnya dari pasien dalam pengawasan (PDP). Setelah dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan hasilnya dinyatakan positif.

    "Jadi ini PDP naik kelas. Sekarang isolasi mandiri di rumah. Kami lakukan tracing untuk kontak eratnya untuk diketahui asal penularan," bebernya. 

    Berdasarkan data perkembangan jumlah kasus Covid-19 di Solo sampai saat ini total pasien positif korona 42 orang. Jumlah itu terdiri tiga rawat inap, tiga isolasi mandiri, 32 sembuh dan empat meninggal.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id