Rawat Pasien Covid-19, RSUD Kartini Ajukan Klaim Rp435 Juta

    Rhobi Shani - 15 Mei 2020 13:16 WIB
    Rawat Pasien Covid-19, RSUD Kartini Ajukan Klaim Rp435 Juta
    Direktur RSUD Kartini, Dwi Susilowati. Medcom.id/Rhobi Shani
    Jepara: RSUD Kartini Jepara, Jawa Tengah, telah merawat 157 pasien berkait virus corona (covid-19), mulai Februari hingga kini. Klaim biaya pengobatan dan perawatan pasien covid-19 di RSUD Kartini hingga Maret 2020 sebesar Rp435 juta.

    Direktur RSUD Kartini Jepara, Dwi Susilowati, mengatakan biaya pengobatan dan perawatan pasien covid-19 ditanggung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan pemerintah daerah Kabupaten Jepara. Klaim yang diajukan ke Kemenkes sebesar Rp419 juta. Kemudian klaim ke pemerintah daerah (Pemda) sebesar Rp16 juta.

    "Klaim ke Kemenkes baru sampai Maret. Tapi klaim yang ke Pemda sudah sampai April. Ini baru kami mau ajukan," ujar Susi ditemui di RSUD Kartini Jepara, Jumat, 15 Mei 2020.

    Baca: Pasar Tradisional di Surabaya Jadi Target Utama Rapid Test

    Biaya pengobatan dan perawatan berkait covid-19 yang ditanggung Kemenkes adalah pasien positif covid-19, pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pantauan (ODP). Hanya saja, tidak semua biaya pengobatan dan perawatan ODP dapat dibiaya Kemenkes.

    "ODP yang dibiayai Kemenkes, yaitu ODP lebih dari 60 tahun tanpa penyakit penyerta. ODP di bawah 60 tahun dengan penyakit penyerta. Kalau ODP di bawah 60 tahun tanpa penyakit penyerta tidak dijamin Kemenkes," terang Susi.

    ODP yang menjalani rawat jalan dan ODP dari keluarga tidak mampu yang menjalani rawat inap, biayanya ditanggung pemerintah daerah. Sementara, jika ODP dengan penyakit penyerta, maka penyakit penyertanya dapat dibiayai Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS).

    "Saat ini laporan baru kami buat. Nanti akan diverifikasi BPJS dulu, kemudian langsung diajukan ke Kemkes," tandas Susi.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id