Tiba di Jatim, Satu TKI Reaktif Covid-19

    Amaluddin - 22 Mei 2020 05:09 WIB
    Tiba di Jatim, Satu TKI Reaktif Covid-19
    Ilustrasi penyebaran virus korona. Medcom.id/M Rizal
    Surabaya: Sebanyak 133 tenaga kerja Indonesia (TKI) pulang kampung ke Jawa Timur, Kamis, 21 Mei 2020. Satu di antaranya positif covid-19 saat rapid test (tes cepat) di Bandara Juanda International Surabaya.

    "Satu orang PMI (pekerja migran Indonesia) yang reaktif alias positif hasil tes cepat saat ini telah dirawat di rumah sakit, sambil menunggu hasil tes swab," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

    Sementara 132 pekerja migran lainnya saat ini menjalani karantina mandiri selama 14 hari di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim. Khofifah ingin memastikan mereka benar-benar sehat sebelum pulang ke rumahnya masing-masing.

    "Karena mereka satu pesawat dengan yang reaktif tadi, sehingga 132 PMI sisanya harus di karantina selama 14 hari kedepan sebelum pulang kampung," ujarnya.

    Ratusan tenaga kerja Indonesia dari berbagai negara itu masih akan dites lanjutan. Jika dinyatakan negatif, Pemprov Jatim akan mengantar mereka pulang hingga ke daerahnya masing-masing.

    "Namun, kami menganjurkan mereka untuk tetap isolasi mandiri di rumah," kata Khofifah.

    Tenaga kerja asal Jatim dari berbagai negara terus berdatangan menjelang Idulfitri. Sebanyak 8.000 PMI pulang ke Jatim sepanjang bulan Ramadan. Penyebab mereka pulang mulai terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), masa kontrak kerja berakhir, mengalami masalah, dan terdampak covid-19.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id