Pemkot Solo Borong Alkohol untuk Bahan Hand Sanitizer

    Triawati Prihatsari - 24 Maret 2020 21:02 WIB
    Pemkot Solo Borong Alkohol untuk Bahan <i>Hand Sanitizer</i>
    Ilustrasi. (Foto: Shutterstock/Antara)
    Solo: Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, membeli 6.000 liter alkohol 90% sebagai bahan racikan cairan pembersih tangan. Hand Sanitizer itu akan dibagikan gratis kepada warga yang membutuhkan.

    Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengungkapkan, pihaknya mendapatkan biaya cukai atas pembelian alkohol skala besar itu. Semestinya, setiap satu liter alkohol dikenai cukai Rp20 ribu.

    "Kalau beli 6.000 liter cukainya Rp120 juta. Tapi kami berkoordinasi dengan Kantor Bea dan Cukai Kota Solo agar diberikan keringanan dalam kondisi bencana," papar Rudy, Selasa, 24 Maret 2020.

    Rudy berencana hand sanitizer yang dibuat akan didistribusikan melalui perangkat daerah dan kecamatan. "Masyarakat yang membutuhkannya bisa mengambil di kantor kecamatan, gratis. Maksimal satu botol air mineral," jelas dia.

    Baca juga: Jumlah Pasien Positif Korona di Jateng jadi 16 Orang

    Lantaran jumlahnya terbatas, Rudy mengimbau masyarakat untuk tetap melakukan cuci tangan secara rutin. Juga menerapkan pola hidup bersih serta melakukan jarak sosial sebagai pencegahan penyebaran korona. 

    Sebelumnya, Pemkot Solo menerima 4.000 liter alkohol 90% gratis dari PT Indo Acidatama. Saat ini persediaan alkohol kian menipis dan Pemkot Solo memutuskan memesan ke perusahaan yang sama.

    Sementara itu, Kepala Kantor Bea dan Cukai Solo, Budi Santoso, menambahkan, sangat memahami kondisi Kota Solo saat ini. Pihaknya pun akan berupaya membebaskan cukai alkohol yang dipesan.

    "Kami memang tidak berwenang, namun kami akan membuat laporan ke pusat. Biar diproses di pusat karena ini benar-benar berdasarkan kebutuhan. Kami membebaskannya bukan untuk bisnis, tapi untuk kemanusiaan," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id