Rapid Test Massal Digelar di Alun-Alun Depok

    Octavianus Dwi Sutrisno - 23 Maret 2020 03:09 WIB
    Rapid Test Massal Digelar di Alun-Alun Depok
    Ilustrasi - Medcom.id
    Depok: Rapid Test Massal Digelar di Alun-Alun DepokDepok: Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat (Jabar), segera melakukan pemeriksaan cepat (rapid test) secara massal. Pemeriksaan diprioritaskan bagi warga Depok, khususnya Orang Dalam Pengawasan (ODP).

    Rapid test sedianya digelar Pemerintah Provonsi (Pemprov) Jabar di Stadion Pakan Sari, Kabupaten Bogor. Namun, lokasi ini ternyata belum bisa dijadikan tempat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

    "Bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan warga yang diprioritaskan, pemeriksaan (rapid test) itu dilakukan oleh petugas pelayanan langsung dan tenaga kesehatan Puskesmas di Alun - Alun Kota Depok," kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Somad, dalam video keterangan pers Minggu petang 22 Maret 2020.

    Pelaksanaan pemeriksaan secara cepat tersebut berlangsung sesuai jadwal, dan melihat alokasi alat rapid yang tersedia. Pemkot Depok telah mengeluarkan anggaran awal sebesar Rp 20 Miliar untuk kebutuhan darurat covid - 19.

    "Kami menganggarkan ini dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT)," kata dia.

    Baca: Deteksi Dini Penting Dilakukan Mencegah Penyebaran Korona

    Ketua Pengarah Gugus Tugas covid-19 ini mengatakan untuk saat ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok menjadi rujukan pasien yang terkonfirmasi positif, dan mereka berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

    "Untuk PDP, selain di RSUD masih ada rumah sakit lain yang tersebar di seluruh wilayah Depok," kata dia.

    Idris meminta seluruh masyarakat agar tetap tinggal di rumah. Terpenting, menghindari kerumunan dan keramaian yang memicu penyebaran virus korona.

    "Jaga jarak fisik dan sosial, jangan lupa berdoa dan selalu menjaga kesehatan tubuh," ucap dia.

    Pemkot Depok melibatkan TNI, Polri, Satpol PP untuk membantu melakukan sosialisasi tentang penyebaran wabah covid-19. Salah satunya, sosialisasi di wilayah Sukmajaya Kota Depok, sejumlah petugas berjalan memberikan imbauan kepada warga untuk menjauhi tempat keramaian dengan pengeras suara.

    "Kami juga memberikan brosur kepada warga terkait pencegahan virus korona, imbauan diberikan dari kampung-kampung agar warga paham,  tetap tenang dan selalu menjaga kesehatan," tegas Idris.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id