PMI Siap Fasilitasi Pengambilan Plasma Darah Pasien Sembuh Covid-19

    Hendrik Simorangkir - 13 Mei 2020 15:18 WIB
    PMI Siap Fasilitasi Pengambilan Plasma Darah Pasien Sembuh Covid-19
    Manager Mutu PMI Kota Tangerang Udin Machfudin. (Foto: Medcom.id/Hendrik)
    Tangerang: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten, menyatakan siap mengumpulkan plasma darah pasien sembuh covid-19. Zat antibodi yang terdapat dalam plasma darah itu diharapkan membantu menetralisasi virus di dalam tubuh pasien covid-19 yang masih terjangkit.

    "Secara prinsip kita siap mengumpulkan itu (plasma darah)," ujar Manajer Mutu PMI Kota Tangerang Udin Machfudin, Rabu, 13 Mei 2020.

    Udin mengatakan terdapat dua metode melakukan transfusi plasma darah, yakni dengan menggunakan mesin otomatis dan secara manual. Untuk mesin otomatis PMI kota Tangerang, telah memiliki tiga unit.

    "Kalau manual diambil seperti donor darah biasa setelah itu diolah agar sel darah merahnya terpisah dengan plasmanya," katanya.

    Udin menjelaskan terdapat beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi dalam melakukan transfusi darah. Salah satunya, pasien telah melewati masa 14 hari setelah dinyatakan sembuh. 

    Baca juga: Perangkat Desa di Jepara Masuk Daftar Penerima Bansos

    "Selain itu pendonor maupun penerima donor harus memiliki golongan darah yang sama. Jadi memang tidak bisa sembarang asal donor," jelasnya.

    Meski belum ditetapkan, kata Udin, saat ini pihaknya mulai melakukan pendataan pasien yang telah sembuh. Pendataan dilakukan melalui jaringan rumah sakit yang ada di Kota Tangerang. 

    "Saat ini kita untuk koordinasi dengan Dinas Kesehatan. Belum ada instruksi, hanya kita sudah mencari data yang positif dan sembuh," ungkapnya.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan terapi plasma darah dari pasien sembuh covid-19 akan diuji coba dalam skala besar kepada pasien positif covid-19 yang masih dirawat. Menurutnya metode plasma darah adalah kemajuan besar dalam upaya pengobatan covid-19 dan dipercaya dapat mempercepat kesembuhan pasien positif covid-19. 

    Bio Farma bersama Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Lembaga Eijkman saat ini telah mengembangkan plasma konvalesen untuk terapi pasien covid-19.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id