PNS Disdik Kota Pasuruan Tersangka Korupsi Sekolah Ambruk

    Antara - 04 Februari 2020 20:01 WIB
    PNS Disdik Kota Pasuruan Tersangka Korupsi Sekolah Ambruk
    Atap SDN Gentong I ambruk. (Dok. BPBD Kota Pasuruan)
    Surabaya: Kepolisian Daerah Jawa Timur menetapkan seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pasuruan, Jawa Timur, sebagai tersangka kasus korupsi terkait insiden ambruknya gedung SDN Gentong pada 2019 lalu. PNS tersebut berinisial MR, berperan sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

    "Sudah kami tetapkan sebagai tersangka inisial MR. Yang bersangkutan pada saat itu menjabat sebagai PPK dalam proyek rehab berat SDN Gentong Pasuruan," ujar Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Gidion Arif Setyawan, melansir Antara, Selasa, 4 Februari 2020. 

    Dia mengatakan MR tidak ditahan meski telah ditetapkan tersangka. Dia mengungkap alasan MR karena berjanji tidak akan kabur dan masih berstatus PNS.

    "Yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan, dengan alasan yang bersangkutan tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti dan atau tidak mengulangi tindak pidana," ucapnya.

    Dia memastikan tersangka MR tetap dikenakan wajib lapor dua kali setiap pekan. MR dijerat pasal berlapis, yakni pasal 3 dan pasal 9 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

    Polisi sebelumnya telah menetapkan dua tersangka dari pihak kontraktor berinisial DM dan SE. Keduanya disebut lalai dan melakukan pengurangan kualitas bahan bangunan hingga menyebabkan ambruknya atap gedung SDN Gentong. 

    DM dan SE disangkakan melanggar pPasal 359 karena kelalaian yang menyebabkan hilangnya nyawa dua orang, dan mengakibatkan luka berat serta ringan. Keduanya juga dikenakan Pasal 359 KUHP dan atau 360 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara.





    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id