Kapolda Lampung Minta Warga tak Ganggu Habitat Gajah

    Ilham wibowo - 04 Juli 2018 11:59 WIB
    Kapolda Lampung Minta Warga tak Ganggu Habitat Gajah
    Sejumlah Gajah Sumatera jinak berada di Pusat Konservasi Gajah Riau di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Minggu (11/3). ANTARA FOTO/FB Anggoro.
    Jakarta: Kapolda Lampung Irjen Suntana meminta warga Kabupaten Tanggamus, Lampung, tidak menggarap lahan hutan. Menurut Suntana, lahan tersebut merupakan habitat gajah liar yang sewaktu-waktu bisa mengancam.

    "Tanah hutan memang disiapkan untuk habitat gajah. Masih ada masyarakat kita yang sudah diingatkan untuk keluar dari situ, tapi mereka tetap bercocok tanam di sana," kata Suntana saat dihubungi, Rabu, 4 Juli 2018. 

    Sebelumnya, Surip, 70, seorang petani, nekat menggarap lahan hutan menjadi perkebunan. Akibatnya, ia diserang gajah hingga tewas.

    Insiden itu terjadi pada Selasa, 3 Juli 2018 sekitar pukul 03.30 WIB di Talang Marno Blok 6 Hutan Lindung register 39 Kota Agung Utara Kecamatan Bandar Negeri Semoung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Gajah liar yang saat itu kelaparan tidak menghiraukan usiran warga.

    "Warga bermaksud untuk mengusir segerombolan gajah tersebut. Namun, gajah-gajah itu mengamuk, menyerang, serta merusak rumah milik Surip," jelas Suntana.

    Gajah liar di Lampung merupakan habitat yang dilindungi dari kepunahan. Menurut Suntana, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memberikan pemahaman kepada warga agar kejadian serupa tak terulang.

    "Pencegahannya kita lakukan bersama, petugas balai kehutanan mengimbau masyarakat untuk tidak tinggal di habitat tempat gajah mencari makan," kata Suntana.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id