12 Pengungsi Tanah Longsor Nganjuk Keracunan

    Amaluddin - 19 Februari 2021 13:31 WIB
    12 Pengungsi Tanah Longsor Nganjuk Keracunan
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Sebanyak 12 korban longsor di Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, keracunan makanan. Dari jumlah itu, dua orang di antaranya harus mendapat perawatan di rumah sakit.

    "Yang dilarikan ke RS sementara hanya ada dua orang, semuanya dewasa," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nganjuk, Nafhan, saat dikonfirmasi, Jumat, 19 Februari 2021.




    Baca: Kota Madiun Tambah Posko PPKM Skala Mikro

    Nafhan mengaku belum mendapat jumlah total korban keracunan ini. Dia hanya mengatakan yang keracunan ringan lebih dari 10 orang, lalu yang gejala berat dua orang. "Ringan lebih dari 10 orang dirawat di Puskesmas. Dua orang di RS belum dipastikan pengungsi atau relawan," ungkapnya.

    Menurut Nafhan penyebab keracunan karena para pengungsi memakan makanan ringan dari sumbangan donatur. "Diduga karena makanan ringan dari donatur," ungkapnya

    Nafhan juga mengklaim penyebab keracunan bukan dari makanan yang diolah Tagana Kemensos di Dapur Umum. Karena makanan atau nasi dari dapur umum telah didistribusikan sejak sore.

    Sedangkan peristiwa keracunan massal terjadi pada pukul 23.00 WIB beberapa jam setelah makanan ringan dari donatur dibagikan pada pukul 20.00 WIB. "Distribusi makanan dari dapur umum sejak sore. Tapi yang makanan ringan dari donatur datang sekitar jam 20.00 WIB," ujarnya.

    Sebelumnya pengungsi korban longsor Selopuro ditempatkan di SDN Ngetos 3 Ngetos. Sedikitnya terdapat 100 pengungsi dewasa dan 41 pengungsi anak-anak.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id