Gudang 8,3 Ton Ikan Giling Berformalin di Palembang Digerebek

    Gonti Hadi Wibowo - 01 Mei 2021 10:41 WIB
    Gudang 8,3 Ton Ikan Giling Berformalin di Palembang Digerebek
    Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra saat mengerebek gudang ikan berformalin di pasar Induk Jakabaring Palembang, Sabtu, 1 Mei 2021. Foto: Istimewa



    Palembang: Polrestabes Palembang mengungkap peredaran ikan giling mengandung formalin sebanyak 8,3 ton di dua gudang di Pasar Induk Jakabaring Palembang, Jumat malam, 30 April 2021. Ikan giling itu akan diedarkan ke berbagai pasar di Palembang menjelang Idulfitri.

    "Dari pengungkapan kasus ini ada dua tersangka diamankan yakni dari perusahaan pemilik dan seorang agen," kata Kapolrestabes Palembang, Kombes Irvan Prawira Satya Putra, Sabtu, 1 Mei 2021.






    Irvan mengatakan, pengungkapan berawal dari operasi pasar tim gabungan di Pasar Induk Jakabaring pada 27 April 2021. Saat itu petugas mendapati satu kilogram ikan giling jenis kakap mengandung formalin.

    Kemudian, tim gabungan melakukan penyelidikan temuan tersebut. Hasilnya tim mengamankan 8,3 ton ikan giling berformalin yang disimpan di gudang di Pasar Induk Jakabaring pada 30 April 2021.

    Baca: Sampel Makanan Mengandung Bahan Berbahaya Ditemukan di Temanggung

    "Barang bukti yang kita amankan 8 ton ikan giling diduga berformalin milik CV CI dan 300 kilogram milik agen di Pasar Induk Jakabaring," jelasnya.

    Dari hasil penelusuran, pihaknya menduga 8,3 ton ikan giling berformalin itu akan dijual menjelang Idulfitri. Lantaran pasokan permintasn ikan akan meningkat.

    Para tersangka dijerat Pasal 8 ayat 1 huruf A, G dan I UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, pasal 136 dan atau Pasal 141 UU no 18 tahun 2012 tentang pangan. Ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id