12 Daerah di Sulsel Berpotensi Coblos Ulang

    Muhammad Syawaluddin - 19 April 2019 19:28 WIB
    12 Daerah di Sulsel Berpotensi Coblos Ulang
    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan menggelar konferensi pers, Jumat 19 April 2019.
    Makassar: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat sejauh ini ada 12 daerah yang berpotensi digelar pemungutan suara ulang (PSU). Namun, KPU saat ini masih mengkaji lebih dalam temuan yang ada serta menunggu rekomendasi dari Bawaslu.

    "Kami masih menganalisa itu. Jadi, kami belum mengeluarkan nama daerahnya. Tapi jika memang ada, kami ingin itu (PSU) segera dilakukan," kata Ketua KPU Sulsel, Mishna Attas, saat ditemui di kantornya, Jumat, 19 April 2019.

    Misna mengatakan, potensi PSU merupakan buntut dari laporan yang diterima KPU dari masyarakat di hari pemungutan suara 17 April 2019 lalu. Salah satu yang paling banyak adalah adanya pemilih asal luar provinsi yang menggunakan KTP-elektronik untuk mencoblos di daerah Sulsel.

    Selain itu kata dia, ada juga warga Sulsel yang memilih menggunakan KTP-el menyalurkan hak pilihnya di luar dari domisilinya. Hal tersebut diketahui usai proses pemungutan suara berlangsung.

    "KPU tengah memastikan benar tidaknya laporan tersebut, serta mengumpulkan dokumen pendukungnya," jelasnya.

    Misna menegaskan bahwa PSU kemungkinan akan digelar secara parsial atau hanya di TPS tertentu disetiap daerah yang masuk dalam laporan. Jika hal itu benar akan dilakukan maka pihaknya bakal membagikan pemberitahuan.

    Petugas KPPS akan segera membagikan pemberitahuan memilih kepada pemilih di TPS masing-masing. PSU akan berlangsung di bawah pengawasan dan supervisi KPU Sulsel.

    “PSU jangan dipandang sebagai momok. Ini sebagai upaya untuk menghasilkan Pemilu yang berkepastian hukum dan untuk mendorong penyelenggaraan Pemilu yang berintegritas," jelasnya.

    Saat ini KPU tengah memproses penghitungan suara aktual atau real count melalui Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Data berasal dari pindaian hasil penghitungan suara tingkat TPS yang diunggah setiap Kabupaten/Kota.

    Hingga Jumat 19 April siang, data real count yang masuk baru dua persen lebih, atau 771 dari 26.355 TPS se-Sulsel. Dari 24 daerah Sulsel, data dari dua daerah belum masuk sama sekali, yakni Makassar dan Barru.




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id