comscore

Sungai Rejoso Meluap, Ribuan Rumah di Pasuruan Kebanjiran

Media Indonesia.com - 19 Januari 2022 13:12 WIB
Sungai Rejoso Meluap, Ribuan Rumah di Pasuruan Kebanjiran
Ilustrasi banjir. (Medcom.id)
Pasuruan: Ribuan rumah di Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, kebanjiran. Bencana itu terjadi akibat luapan Sungai Rejoso. 

Tinggi muka air yang merendam rumah warga bervariasi, Mulai dari lebih kurang 50 Cm hingga 150 Cm. Selain menggenangi permukiman, banjir juga menggenangi jalan nasional yang menghubungkan Surabaya-Probolinggo-Banyuwangi dan arah sebaliknya mencapai 50 Cm.
"Arus lalu lintas terpaksa dialihkan ke jalur alternatif karena ketinggian air sangat tinggi," kata Staf Dinas Perhubungan Kota Pasuruan Yulianto di Surabaya, kemarin.

Untuk mengantisipasi agar kemacetan tidak semakin panjang, pihaknya telah menerapkan pengaturan lalu lintas secara bergantian oleh petugas UPT P3 LLAJ Provinsi Dishub Jatim bersama petugas Polres Pasuruan Kota.

Baca: Banjir Rendam Kecamatan Benda Kota Tangerang

Luapan sungai Rejoso diakibatkan hujan derasnya selama satu jam di wilayah Pasuruan. Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan di Pasuruan Ridwan Harris mengatakan, banjir itu memiliki ketinggian bervariasi antara 40 centimeter sampai dengan 1,5 meter.

Dia menyebut, di Kecamatan Grati, ada tujuh desa yang banjir. Yakni Kewadung Kulon, Kedawung Wetan, Trewung, Plososari hingga Kalipang.

Kemudian di Kecamatan Winongan, banjir terjadi di Desa Winongan Lor, Winongan Kidul, Prodo dan Bandaran. Sedangkan di Kecamatan Rejoso, banjir terjadi di Desa Toyaning, Sadengrejo dan Patuguran.(Faishol Taselan/FL)

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id