comscore

Geporak Maros Selangkah Lagi Jadi Situs UNESCO

MetroTV - 21 Juni 2022 17:43 WIB
Geporak Maros Selangkah Lagi Jadi Situs UNESCO
Selangkah lagi, Geopark Maros jadi situs UNESCO. Foto: Dok/Metro TV
Maros: Setelah melalui proses dan penantian panjang, kawasan Geopark Maros Pangkep, Sulawesi Selatan akhirnya masuk nominasi kawasan taman bumi dunia atau global geopark oleh UNESCO.

"Ini sangat fantastis. Begitu indah dan hamparan karst yang memukau," tutur tim asesor UNESCO Martina Paskova dalam tayangan Newsline di Metro TV, Selasa, 21 Juni 2022.
Tim asesor UNESCO telah melakukan penilaian dan menyelesaikan kunjunganya di sejumlah titik dalam kawasan Geopark Maros Pangkep. Mereka melakukan kunjungan selama tiga hari.

Sejak Rabu, 15 Juni lalu, dua orang perwakilan organisasi dunia untuk pendidikan dan kebudayaan ikut serta melakukan penilaian di Geopark Maros. Penilaian ini sebagai acuan dinobatkanya satu kawasan menjadi global geopark.

Meski sempat tertunda selama dua tahun lantaran Pandemi Covid-19. Tim asesor UNESCO akhirnya menyelesaikan penilaianya di sejumlah titik di Geopark Maros di Pangkep.

"Sejumlah lokasi yang dikunjungi tim UNESCO yakni, hutan taman nasional Bantimurung, Bulusaraung, taman prasejarah leang leang, objek wisata ramang-ramang, hingga beberapa pulau yang masih dalam cakupan Geopark Maros Pangkep," kata Widya.

Sebagai tahapan akhir, tim asesor UNESCO melakukan pertemuan dengan seluruh pihak di dalam kawasan Geopark Maros. Ini bertujuan untuk memberikan masukan dari proses pengamatan mereka selama di lapangan.

"Persoalan sampah plastik hingga keterlibatan masyarakat yang ada di dalam kawasan," ungkap Widya. (Fauzi Pratama Ramadhan)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id