Kemenkes Gerak Cepat Atasi Kasus Hepatitis di Depok

    Damar Iradat - 21 November 2019 12:31 WIB
    Kemenkes Gerak Cepat Atasi Kasus Hepatitis di Depok
    Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. MI/Ramdani.
    Jakarta: Pemerintah bergerak cepat menangani kasus hepatitis yang menjangkiti sejumlah siswa SMP Negeri 20 Depok. Pemerintah tak ingin virus Hepatitis A menyebar luas.

    "(Sudah menyiapkan) langkah-langkah pencegahan, supaya tidak semakin melebar kalau bisa diselesaikan untuk kasus yang ada dan tidak bertambah lagi," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 21 November 2019. 

    Kementerian Kesehatan intervensi spesialistik untuk kasus yang telah terjadi. Kemenkes juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mencegah penyebaran penyakit itu. 

    "Kami harus mampu membuat, melokalisasi di situ dan langsung intervensi bagaimana menyembuhkan," ungkap Terawan.

    Kemenkes menemukan 72 kasus penderita Hepatitis A, sebanyak 38 di antaranya laki-laki dan 34 perempuan. Sebanyak 3 orang dirawat karena terjangkit Hepatitis A.

    "Sebagian berobat jalan dan istirahat di rumah, tidak masuk sekolah. Nah ini yang kita langsung pantau, langsung datang ke lokasi," jelasnya.

    Pemerintah belum mengeluarkan status kejadian luar biasa (KLB) terkait temuan virus Hepatitis di Depok. Terawan menegaskan jumlah korban tak menjadi patokan penetapan status KLB.

    "Kalau masih terlokalisir kan masih bisa kita tangani. Doakanlah mudah-mudahan, doakan semoga di lingkungan Depok saja. Biar kami cepat bekerja ya," jelas dia.

    Langkah sosialisasi dan penyuluhan langsung melalui kegiatan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilakukan agar virus tak menyebar luas.

    "Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) juga ikut langsung melakukan monitoring, kemudian mengidentifikasi faktor risiko dan sumber penularan," jelas mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto itu.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id