BMKG Pasang Empat Sensor untuk Deteksi Gempa di Maluku

    Antara - 21 Oktober 2019 11:18 WIB
    BMKG Pasang Empat Sensor untuk Deteksi Gempa di Maluku
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Ambon: Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) memasang empat alat sensor pendeteksi gempa bumi (seismograf) di kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

    "Empat seismograf yang dipasang di Kabupaten Seram Bagian Barat ini merupakan bagian dari 11 unit peralatan pendeteksi gempa yang dipasang di tiga wilayah Maluku yang terdampak gempa magnitudo 6,5 pada 26 September 2019," kata Kasubdit Peringatan Dini BNPB, Abdul Muhari di Piru, Senin, 21 Oktober 2019.

    Muhari menjelaskan pemasangan peralatan di sejumlah pulau di Maluku yang terdampak gempa tersebut untuk mengetahui secara mendetail aktivitas gempa susulan yang masih terus terjadi.
    "Peralatannya hanya dipasang di daerah tertentu untuk memantau aktivitas gempa susulan agar bisa tahu proses terjadinya seperti apa, atau ada hal lain selain murni pelepasan energi," jelas Muhari.

    Menurut Muhari peralatan seismograf dipasang selama dua bulan dan setiap periode tiga minggu petugas akan datang untuk mengambil data guncangan gempa yang telah terekam untuk dianalisa lebih jauh.

    "Dari hasil ini kita bisa memetakan aktivitas gempa susulan yang terjadi serta diarahkan dengan upaya mitigasi yang akan dilakukan di Maluku di masa mendatang," beber Muhari.

    Muhari menambahkan Gempa Maluku menjadi fenomena tersendiri dan berbeda dengan bencana serupa di daerah lain. Di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) misalnya gempa susulannya justru sedikit, sedangkan di Maluku cukup banyak.

    "Gempa susulan di Lombok, hanya tercatat 363 kali selama tiga bulan, sedangkan Maluku sejak gempa utama pada 26 September hingga 20 Oktober pukul 09.00 WIT sudah terjadi 1.703 kali gempa susulan dan 194 kali di antaranya dirasakan oleh masyarakat di Maluku," pungkas Muhari. (Syahrum Latupono)



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id