Jaringan Listrik di Batu Kembali Normal

    Amaluddin - 22 Oktober 2019 18:18 WIB
    Jaringan Listrik di Batu Kembali Normal
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Surabaya: PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur berhasil memperbaiki jaringan listrik di Kota Batu, setelah diterjang angin kencang pada Minggu, 20 Oktober 2019. Saat ini jaringan listrik di sejumlah desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, sudah kembali normal.

    "Jaringan listrik di sejumlah desa di Batu sudah normal. Tidak lagi ada listrik penggan yang padam," kata Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jatim, Fenny Nurhayati saat dikonfirmasi, Selasa, 22 Oktober 2019.

    Jaringan listrik di tiga desa di Kota Batu sempat padam, akibat diterjang angin puting beliung, yakni Desa Sumber Brantas, Desa Gunungsari, dan Desa Sumbergondo. Listrik padam lantaran ada 11 titik Gardu Trafo Tiang (GTT) mengalami gangguan hingga roboh, di antaranya di titik 82, 205, 307, 227, 256, 161, 158, 312, 110, 111, 135.

    Meski demikian, kata Fenny, petugas PLN UP3 Malang bergerak cepat merecovery jaringan listrik, yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. Fenny memastikan jaringan listrik pelanggan PLN di Batu sudah stabil kembali. 

    "Trafo terakhir sudah beroperasi kembali tadi pagi jam 08.00 WIB. Sehingga listrik pelanggan sudah menyala seperti semula," jelas Fenny.

    Sebelumnya angin kencang yang melanda sejumlah desa di Batu, menyebabkan pohon tumbang di beberapa lokasi, dan merusak jaringan listrik PLN. Beberapa kerusakan yang terjadi pada ULP Batu, di antaranya adalah kerusakan jaringan SUTM sepanjang 250 Ms, satu buah tiang beton Tegangan Menengah roboh dan patah.

    Akibat bencana tersebut, ada sekitar 1.015 pelanggan PLN di wilayah Batu padam dan tidak bisa menikmati aliran listrik. Namun, jaringan listrik di tiga desa, yakni Desa Sumber Brantas, Desa Gunungsari, dan Desa Sumbergondo, di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, kini sudah kembali normal.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id