Eks Sekolah BJ Habibie Kibarkan Bendera Setengah Tiang

    Roni Kurniawan - 12 September 2019 11:33 WIB
    Eks Sekolah BJ Habibie Kibarkan Bendera Setengah Tiang
    Sekolah Menegah Atas Kristen (SMAK) Dago Bandung. Foto: Medcom.id/Roni K
    Bandung: Tiga siswa Sekolah Menegah Atas Kristen (SMAK) Dago Bandung mengibarkan bendera merah putih setengah tiang sebelum kegiatan belajar mengajar pada Kamis, 12 September 2019. Pengibaran bendera sebagai tanda duka wafatnya Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

    Di bawah terik matahari yang menyinari Kota Bandung, raut muka haru tampak dari tiga siswa SMAK Dago saat mengibarkan bendera merah putih setengah tiang di halaman depan. Dengan perlahan, sang pusaka dikerek setengah tiang.

    tiga siswa itu mengaku sangat terpukul atas kepergian BJ Habibie. Pasalnya, Habibie merupakan alumi SMAK Dago yang menjadi panutan siswa.

    Habibie pernah mengecap pendidikan di sekolah yang berada di Jalan Ir. H. Djuanda. Habibie pun merupakan siswa cerdas dan memiliki nilai paling tinggi di angkatannya saat itu.

    "Beliau waktu itu ambil jurusan IPA dan nilainya paling tinggi," ujar Kepala SMAK Dago Bandung, Rosmian Simorangkir, saat ditemui, Kamis, 12 Agustus 2019.

    Sosok Habibie selalu menjadi panutan siswa SMAK Dago. Hadirnya Habibie sebagai alumni menjadi daya tarik bagi calon siswa menuntut ilmu di SMAK Dago. 

    "Yang masuk ke sini rata-rata mereka tahunya Pak Habibie pernah sekolah di sini. Jadi mereka terinspirasi sekolah di sini," imbuhnya.

    Sementara itu, Amanda, 16, siswa kelas 12 SMAK Dago Bandung sangat kehilangan dengan kepergian sang pahlawan demokrasi. Sosok Habibie menjadi inspirasi baginya menuntut pendidikan di sekolah tersebut.

    "Beliau panutan aku. Karena aku masuk sini juga tahunya Pak Habibie alumni di sini, dan ingin seperti beliau bisa berkarya buat negara," kata Amanda ditemui Medcom.id

    Senada diungkap Aoxy Walaguna, siswa kelas 11 ini bercita-cita seperti Habibie membuat pesawat terbang. Meski belum pernah bertemu secara langsung, sosok Habibie bagi Aoxy patut menjadi contoh agar lebih semangat belajar.

    "Aku bangga bisa sekolah di tempat yang pernah ada Pak Habibie. Beliau sangat menginspirasi aku, banyak kata-kata beliau yang menjadi motivasi aku," pungkasnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id