Mantan Kapolda Sumbar Didorong Jadi Gubernur

    Antara - 08 Desember 2019 05:02 WIB
    Mantan Kapolda Sumbar Didorong Jadi Gubernur
    Mantan Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal (tengah). Foto: Istimewa
    Jakarta: Mantan Kepala Kepolisian Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Pol Fakhrizal didorong menjadi gubernur. Ia diminta pensiun dari kepolisian untuk memimpin Sumbar usai dimutasi sebagai kapolda.

    Permintaan itu datang dari Ketua DPW Muhammadiyah Sumatra Barat Shofwan Karim. Shofwan mengatakan Fakhrizal sudah pas untuk memimpin Sumbar.

    "Ini pendapat saya pribadi. Selama Irjen Fakhrizal menjabat kapolda, kondisi Sumbar terkendali dan sangat kondusif. Pas untuk memimpin Sumbar," kata Shofwan, Sabtu, 7 Desember 2019.

    Shofwan berharap Fakhrizal tidak hengkang dari Sumatra Barat dengan mengambil keputusan pensiun dini. Dengan pangkatnya sebagai jenderal bintang dua, Shofwan melihat Fakhrizal sudah setara gubernur Sumbar. 

    Fakhrizal menjabat sebagai Kapolda Sumbar selama tiga tahun. Pada Jumat, 6 Desember 2019, Kapolri Jenderal Idham Azis merotasinya bersama empat kapolda lain. Posisi Fakhrizal digantikan Widyaiswara Utama Sespim Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, Irjen Toni Harmanto.

    Fakhrizal ditarik ke Mabes Polri dengan jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

    Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan mutasi dalam tubuh kepolisian merupakan hal yang wajar. Mutasi sebagai bentuk dinamika dalam organisasi kepolisian, sehingga tidak ada hal yang berlebihan.

    Fakhrizal menjabat sebagai Kapolda Sumbar setelah Kapolri saat itu, Jenderal Pol Tito Karnavian, mengeluarkan Surat Telegram Rahasia Nomor ST/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember 2016. Fakhrizal sebelumnya adalah Kapolda Kalimantan Tengah.

    Ia menggantikan posisi Brigjen Basarudin yang dimutasi sebagai Wagub Akpol di Semarang, Jawa Tengah.



    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id