Menko PMK Minta Penanganan Bencana di Lebak Dibenahi

    Hendrik Simorangkir - 04 Januari 2020 15:30 WIB
    Menko PMK Minta Penanganan Bencana di Lebak Dibenahi
    Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Medcom.id/Syahrul)
    Tangerang: Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy meminta penanganan bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lebak, Banten, dibenahi. Salah satunya pelayanan dasar yakni lokasi pengungsian yang memenuhi standar keamanan dan kenyaman. 

    "Korban bencana banjir di sini harus mendapatkan pelayanan dasarnya cukup, terutama kesehatan, kemudian kebutuhan makan sehari-hari dan juga tempat penampungan sementara yang layak," ujarnya, di posko pengungsian Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu, 4 Januari 2020.

    Muhadjir menuturkan untuk menyambungkan akses perkampungan yang jembatannya terputus, pihaknya telah meminta bantuan ke pihak TNI menyediakan jembatan sementara yang biasa digunakan untuk dilokasi pertempuran.

    Nantinya, jembatan itu akan mempermudah evakuasi dan mengirimkan bantuan logistik ke warga korban bencana banjir bandang dan tanah longsor.

    "Tadi Kepala BNPB (Doni Monardo) sudah berinisiatif minta bantuan dari panglima TNI untuk membangun jembatan sementara yang bisa dilalui. Paling tidak ada tiga yang dibutuhkan," ungkapnya.

    Ketersediaan obat-obatan pun akan dipenuhi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), agar kondisi kesehatan para korban bencana alam tetap terjaga dan tidak sakit selama di pengungsian.

    "Yang penting dijamin kesehatan pengungsi dulu, nanti saya akan minta Kemenkes untuk menjamin obat-obatannya, terutama multivitamin untuk mereka," jelas dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id