Yogyakarta Diprediksi Hujan Deras Dampak Siklon Tropis Blake

    Patricia Vicka - 09 Januari 2020 17:25 WIB
    Yogyakarta Diprediksi Hujan Deras Dampak Siklon Tropis Blake
    Ilustrasi. (Foto: MI/Susanto)
    Yogyakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memprediksi intensitas hujan di wilayahnya meningkat dalam beberapa hari ke depan. Siklon Tropis Blake menjadi salah satu pemicunya.

    "Siklon tropis ini membentuk kovergensi dan belokan angin di Pulau Jawa. Jadi, pertumbuh awan-awan hujan meningkat," ujar Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Etik Setyaningrum, Kamis, 9 Januari 2020.

    Kendati demikian, Etik mengatakan dampak siklon tidak akan memicu cuaca ektrem seperti siklon Cempaka pada 2017. Siklon juga tidak akan menimbulkan gelombang tinggi di pantai selatan Yogyakarta.

    "Siklon Tropis Blake muncul di barat pantai Autralia koordinat 20,7 Lintang Selatan dan 119,7 Bujur Timur dengan arah gerak ke barat daya. Lebih jauh dari siklon Cempaka," kata dia.

    Usai siklon hilang, BMKG memprediksi curah hujan di DIY masih tinggi. Rata-rata intensitasnya di atas 100 milimeter (mm) per dasarian. Hal itu dipengaruhi oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) atau fase basah yang aktif di wilayah Indonesia.

    "Puncak musim hujan akan terjadi pada akhir Januari hingga awal Februari," pungkas dia.

    Ia mengimbau masyarakat waspada dan bersiap terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, serta jalan yang licin.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id