12.518 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Tegal

    Lukman Diah Sari - 25 November 2021 11:01 WIB
    12.518 Jiwa Terdampak Banjir di Kabupaten Tegal
    Tim BPBD Kabupaten Tegal bersama tim gabungan melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir pada Senin (22/11). Sumber foto : BPBD Kabupaten Tegal



    Jakarta: Banjir melanda Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, setelah diguyur hujan dan meluapnya sejumlah sungai pada Senin, 22 November 2021, pukul 23.30 WIB. Sebanyak 12.518 jiwa terdampak. 

    Sungai yang meluap yakni Cacaban, Rambut, Kemiri, Pekijing, dan Siwarak. Kini, sebanyak 25 KK terpaksa mengungsi di Masjid Baitutaqa, Keluarahan Dampyak. 

     



    "Banjir ini melanda lima kecamatan di wilayah Kabupaten Tegal," ujar Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, melalui keterangan resmi, Kamis, 25 November 2021. 

    Dia menerangkan, wilayah terdampak banjir yakni Desa Tembok Banjaran di Kecamatan Adiwerna; Desa Pecabean di Kecamatan Pangkah; Desa Sidakaton, Desa Kupu di Kecamatan Dukuhturi; Desa Sidaharja di Kecamatan Suradadi.

    Baca: Anak Korban Banjir Palangka Raya Bakal Diberikan Trauma Healing

    Lebih lanjut, Desa Maribaya, Desa Kemuning, Desa Plumbungan, Kelurahan Dampyak di Kecamatan Kramat; dan Desa Banjaragung, Desa Sukareja di Kecamatan Warureja.

    "Sedikitnya 1.564 unit rumah terdampak dengan ketinggian muka air berkisar antara 30 - 150 sentimeter," ungkapnya.

    Dia menuturkan, BPBD Kabupaten Tegal bersama tim gabungan berhasil mengevakuasi dua balita usia sekitar dua minggu berserta ibunya. Keduanya langsung dibawa ke rumah kerabat terdekat yang tidak terdampak banjir.

    "Kondisi terkini dilaporkan, banjir sudah mulai berangsur surut dan para warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing," ujarnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id