Pelanggar PSBB Surabaya Raya Jilid II Diancam Penjara

    Amaluddin - 12 Mei 2020 08:30 WIB
    Pelanggar PSBB Surabaya Raya Jilid II Diancam Penjara
    Ilustrasi. Medcom.id
    Surabaya: Penerapan Pemabatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid II di Surabaya Raya, berlaku mulai Selasa, 12 Mei - 25 Mei 2020. Pelaksanaan PSBB Surabaya Raya jilid II dipastikan lebih tegas, ketimbang PSBB jilid I.

    Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, menambahkan pelaksanaan PSBB jilid II tidak mentoleransi pelanggar. Dia memastikan pelanggar PSBB diancam Undang-Undang Pidana, Pasal 216 KUHP dengan ancaman hukuman 4 bulan 2 minggu kurungan penjara.

    "Jika menggunakan buku 2, pelanggar PSBB bisa dikategorikan melakukan tindakan kejahatan, sehingga proses hukum yang berlaku nantinya akan diputuskan melalui pengadilan," ujar Truno, Senin malam, 11 Mei 2020.

    Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa telah menerbitkan Surat Edaran (SE) untuk memperkuat efektifitas PSBB jilid II telah terbit. Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Heru Tjahjono, mengaku terbitnya SE merupakan pedoman untuk petugas di lapangan. 

    Baca: PSBB Malang Raya Disetujui

    "Warga di wilayah PSBB Surabaya Raya, yakni Surabaya, Sidoarjo dan Gresik, diimbau tidak melanggar aturan PSBB. Sehingga bisa memutus penyebaran covid-19 di Surabaya Raya,"
    kata Heru, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin malam, 11 Mei 2020.

    Dia mengaku telah melakukan rapat evaluasi pelaksanaan PSBB jilid I, untuk memperkuat pelaksanaan PSBB jilid II. Di antaranya memperketat cek poin, tempat kerumunan massa baik di pasar, fasilitas umum, pabrik dan tempat ibadah.

    "Untuk melaksanakan poin-poin hasil evaluasi itu, kami akan melibatkan petugas Babinkamtibmas dan Babinsa, maupun RT/RW di tingkat desa/kelurahan, supaya bisa malakukan proteksi terhadap pergerakan warganya," tandas mantan Bupati Tulungagung ini.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id