Bule Asal Prancis Ditolak Masuk ke Sulsel

    Muhammad Syawaluddin - 07 Februari 2020 22:33 WIB
    Bule Asal Prancis Ditolak Masuk ke Sulsel
    Ilustrasi: Medcom.id
    Makassar: Seorang warga negara Prancis, Nathalie, 27, ditolak masuk ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin oleh petugas Imigrasi Kelas I Makassar. Penolakan itu dilakukan lantaran sebelumnya telah berkunjung ke Tiongkok. 

    "Iya kemarin kita tolak orang Prancis masuk ke wilayah Indonesia, karena yang bersangkutan baru mengunjungi Tiongkok," kata, Kepala Kantor Imigrasi Makassar, Andi Pallawarukka, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 7 Februari 2020. 

    Pallawarukka menjelaskan penolakan itu untuk mengantisipasi masuknya virus korona ke wilayah Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan. Nathalie diketahui telah berkunjung ke Tiongkok pada 31 Januari 2020 lalu sehingga, petugas imigrasi harus bertindak. 

    "Sesuai ketentuan kita pulangkan ke negara asalnya,” jelasnya. 

    Nathalie datang ke Sulawesi Selatan pada Kamis, 6 Februari 2020. Dari informasi yang diperoleh perempuan itu berencana melakukan visit ke beberapa tempat wisata. 

    Hanya saja, dia terkendala sebab telah berkunjung ke Tiongkok disaat virus korona tengah menyebar secara masif di negara tirai bambu. Apalagi, pemerintah pusat telah mengeluarkan aturan tentang wisman dari Tiongkok. 

    Kementerian Hukum dan Ham telah mengeluarkan surat edaran untuk menghentikan pemberian izin bagi wisman asal Tiongkok ataupun warga negara lain namun pernah berkunjung ke Tiongkok dalam kurun waktu 14 hari sebelum ke Indonesia. Baik itu permohonan visa kunjungan maupun ijin tinggal sementara serta terbatas di Indonesia. 

    "Sudah ada peraturan melalui surat edaran Kemenkumham untuk diberhentikan sementara pemberian izin tinggal bagi warga negara asing yang pernah tinggal atau pernah berkunjung di China," jelasnya. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id