Kemensos Perkenalkan Sembako Murah di Makassar

    Gervin Nathaniel Purba - 09 Februari 2020 20:13 WIB
    Kemensos Perkenalkan Sembako Murah di Makassar
    Dirjen PFM Kemensos Andi ZA Dulung menghadiri penyaluran program Sembako Murah di e-Warong Maraja, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 9 Februari 2020 (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
    Makassar: Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan program Sembako Murah. Kali ini dilaksanakan di e-Warong Maraja, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 9 Februari 2020. Sebanyak 160 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan tersebut.

    Penyerahan program Sembako Murah disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Andi ZA Dulung. Turut hadir Anggota Komisi VIII DPR Samsu Niang, DPRD Kota Makassar, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan Agustinus Appang, dan Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Mukhtar Tahir.

    Penyaluran ini sekaligus memperkenalkan program Sembako Murah kepada para KPM di wilayah Makassar. Program Sembako Murah merupakan transformasi dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

    Pada program Sembako Murah, nilai bantuan yang diberikan naik menjadi Rp150 ribu per KPM dari semula Rp110 ribu. Komoditas pangan yang diberikan juga bertambah. Kini terdapat ikan, daging, sayur, dan buah. Sebelumnya, hanya tersedia pilihan beras dan telur.

    Dengan bertambahnya bantuan komoditas pangan ini, pemerintah membantu memberikan asupan protein kepada keluarga yang masuk kategori miskin. Upaya ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk menekan stunting.

    "Stunting dapat dicegah dimulai dari ibu hamil. Asupan gizinya harus dijaga agar bayi sehat dan cerdas," kata Andi ZA Dulung, dalam sambutannya, di BRI Veteran Selatan, Jalan Veteran Selatan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

    Kemensos Perkenalkan Sembako Murah di Makassar
    Sebanyak 160 KPM menghadiri penyaluran program Sembako Murah  di e-Warong Maraja, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 9 Februari 2020 (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

    Dengan banyaknya pilihan komoditas pangan ini, para KPM bebas menentukan sendiri kebutuhan pangan yang akan dibelanjakan dengan mencairkan dana di rekening bank BRI dan membelanjakannya di e-Warong. Dalam hal ini e-Warong Maraja merupakan agen binaan BRI.

    Dirjen PFM Andi juga mengimbau kepada e-Warong agar dalam menjual sayur dan buah lebih variatif. Hal ini penting untuk menjamin pemenuhan gizi KPM. Terlebih, masing-masing daerah memiliki keunggulan komoditas.

    Kemensos Perkenalkan Sembako Murah di Makassar
    Penyaluran program Sembako Murah  di e-Warong Maraja, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 9 Februari 2020 (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

    "Misalnya, bisa disepakati dengan pemilik e-Warong, bulan ini menjual kacang panjang. Bulan depan ganti kacang merah," kata Dirjen PFM Andi.

    Dia juga mengingatkan para ibu untuk tidak menahan uangnya terlalu lama ketika sudah cair. Jika mengendap terlalu lama di rekening dananya bisa kembali kepada pemerintah. Untuk Februari ini dana tersebut sudah cair pada 15 Februari.

    Kemensos Perkenalkan Sembako Murah di Makassar
    Program Sembako Murah merupakan transformasi dari Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

    "Ketika sudah cair, jangan ditunda. Harus segera dibelanjakan karena sistemnya e-wallet, sehingga tidak boleh disimpan. Dalam waktu tiga bulan harus segera dicairkan," ujarnya.

    Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan Agustinus Appang menjelaskan angka kemiskinan di Sulawesi Selatan turun menjadi 8,69 persen per Maret 2019. Menurutnya, masih banyak yang harus dilakukan untuk menekan angka kemiskinan lebih besar lagi.

    "Kami dari pemerintah daerah harus memberikan dukungan dengan menyiapkan tenaga untuk memonitor aktivitas pembagian sembako," kata Agustinus.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id