Bawang Putih di Bandung Capai Rp60 Ribu/Kg

    Roni Kurniawan - 07 Februari 2020 17:24 WIB
    Bawang Putih di Bandung Capai Rp60 Ribu/Kg
    Ilustrasi pekerja menganggkut bawang putih, Jumat, 7 Februari 2020. Medcom.id/ Roni Kurniawan
    Bandung: Harga bawang putih di Kota Bandung mengalami kenaikan sejak merebaknya virus korona. Bahkan harga bawang putih kini naik dua kali lipat dari harga normal Rp30 ribu per kilogram (kg).

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan kenaikan harga bawang putih terjadi selama sepekan terakhir sejak maraknya virus korona.

    "Harga bawang putih di rata-rata pasar tradisional itu mencapai Rp50 ribu sampai Rp60 ribu per kg, yang diharga normalnya adalah Rp30 ribu sampai Rp35 ribu per kg," kata Elly di Balai Kota Bandung, Jumat, 7 Februari 2020.

    Elly menjelaskan 80 persen bawang putih di Bandung merupakan impor dari Tiongkok. Sedangkan 20 persennya merupakan hasil dari produsen bawang putih lokal salah satunya dari Ciwidey, Kabupaten Bandung.

    "Memang 80 persen kebuuhan bawang putih itu dipasok dari Tiongkong, sedangkan 20 persennya itu dipasok dari lokal. Jadi tetangga kita, Kabupaten Bandung termasuk adalah salah satu produsen yang dijadikan sentra produksi bawang putih," ungkap Elly.

    Elly menuturkan harga tersebut ditemukan setelah dilakukan monitoring ke seluruh pasar tradisional di Kota Bandung pada Kamis, 6 Februari. Kenaikan harga bawang putih itu pun terjadi sejak sepekan lalu disaat pemerintah mewanakan untuk menghentikan impor dari Tiongkok dampak dari virus Korona.

    "Kenaikan ini terjadi selama seminggu ini ya, karena sebelumnya masih normal. Kita akan cari tahu penyebabnya dengan cara turun lagi ke pasar-pasar di Bandung," pungkas Elly.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id