TNBTS Matangkan Protokol Kesehatan Wisata Bromo

    Daviq Umar Al Faruq - 21 Juli 2020 18:31 WIB
    TNBTS Matangkan Protokol Kesehatan Wisata Bromo
    Ilustrasi Gunung Bromo. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
    Malang: Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mematangkan skenario penerapan protokol kesehatan covid-19 di kawasan wisata Gunung Bromo, Jawa Timur.

    "Risiko penularan covid-19 dalam kegiatan wisata di TNBTS sangat tinggi, para pihak terkait sepakat menerapkan protokol kesehatan ketat dan terukur," kata Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat, Selasa21 Juli 2020.

    Kendati telah dirumuskan dengan sejumlah pihak, termasuk wilayah penyangga di Kabupaten Malang, Lumajang, Probolinggo, dan Pasuruan, Sarif belum bisa memastikan kapan wisata Gunung Bromo dibuka kembali.

    Ia mengatakan untuk tahap pertama jumlah pengunjung akan dibatasi sistem kuota. Calon wisatawan wajib melakukan reservasi secara daring.

    Baca juga: Luwu Utara Masih Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

    "Nanti saat wisata Bromo kembali dibuka, pengunjung wajib mematuhi seluruh protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," tegasnya.

    Sementara itu, Bupati Malang, M Sanusi, berharap kawasan wisata alam Gunung Bromo dapat dibuka segera. Apalagi Kabupaten Malang menjadi salah satu wilayah dengan akses ke Gunung Bromo.

    "Kalau bisa kembali cepat dibuka, karena banyak paguyuban yang terlibat dalam kegiatan pariwisata ini,” ujarnya.

    Meski begitu, Sanusi mengimbau pembukaan lagi wisata Gunung Bromo dilakukan secara hati-hati. Sebab mayoritas pengunjung datang dari luar daerah.

    "Di Kabupaten Malang mulai dari Kecamatan Tumpang dan Poncokusumo, harus ekstra ketat pengamanan seiring dibukanya kembali kunjungan TNBTS," jelas Sanusi.

    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id