Tiga Warga Jombang Kembalikan BST Covid-19

    Amir Zakky - 18 Mei 2020 16:50 WIB
    Tiga Warga Jombang Kembalikan BST Covid-19
    Tiga warga Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, membawa surat pernyataan bermaterai usai mengembalikan BST Covid 19 dari Kemensos. (Foto: Istimewa)
    Jombang: Tiga warga Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengembalikan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang dikhususkan untuk warga miskin terdampak covid-19. Ketiganya merasa tak layak menerima uang sebesar Rp600 ribu itu.

    “Mohon maaf bukannya saya sombong. Kami merasa banyak tetangga yang lebih berhak mendapatkan bantuan," ujar Sutiyah, salah satu dari ketiganya, di Kantor Desa Tanjung Wadung, Senin, 18 Mei 2020.

    Selain Sutiyah, 37, penerima yang juga mengembalikan BTS yakni Kartini, 76, dan Suliatun, 47. Sutiyah mengatakan pengembalian bantuan sudah disepakati keluarga. Penghasilan suami dari berjualan mebel, masih mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari dan menyekolahkan anaknya.

    “Biasanya satu bulan penghasilan sampai Rp8 jutaan, tapi memang tidak pasti. Namun saya sadar diri, karena saya masih mampu,” ungkapnya.

    Baca juga: OAP Terima Bansos Dampak Covid-19

    Tak hanya Sutiyah, Suliatun dan Katini juga memilih mengembalikan dana BST yang diperoleh dari proses penyaluran secara serentak di kantor Desa Tanjung Wadung. Dengan mengisi surat pernyataan di atas materai, mereka memberikan kembali uang yang baru saja diterima kepada para petugas kantor pos.

    Baik Suliatun dan Katini, mengaku sudah berkecukupan. Keduanya yang menggantungkan hidup sebagai petani, tidak terdampak sama sekali oleh pandemi covid-19.

    “Harapan kami bantuan yang kami kembalikan ini bisa disalurkan kepada yang lebih berhak. Alhamdulillah, saya tidak terdampak. Saya masih bisa makan dan membiayai anak-anak saya. Insyaallah kalau kami sudah cukup," ujar Suliatun dan Katini.

    Data di Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, total warga yang menerima BST dari Kemensos ada sebanyak 99 Kepala Keluarga (KK). Sedangkan data penerima BST Covid dari Kemensos di seluruh kabupaten Jombang, ada sebanyak 51.134 KK.

    Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang, Moh Soleh, mengapresiasi sikap ketiga warga yang mengembalikan BST karena merasa kondisinya sudah berkecukupan. Dinas Sosial saat ini masih berproses dan menunggu laporan dari desa berapa detail orang yang sudah mengundurkan diri.

    “Sikap seperti ini yang membuat kami bangga. Warga yang sudah merasa mampu dengan inisiatif sendiri mengembalikan BST. Ini pasti menjadi bahan evaluasi kita untuk proses penyaluran di tahap ke dua,” terang Soleh.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id