5 Anggota Bawaslu Sragen Diduga Langgar Kode Etik

    Triawati Prihatsari - 18 September 2020 15:25 WIB
    5 Anggota Bawaslu Sragen Diduga Langgar Kode Etik
    Suasana sidang kode etik penyelenggara pemilu, dengan pihak teradu lima anggota Bawaslu Sragen, Jawa Tengah, di Kantor KPU Solo, Jumat, 18 September 2020. (Foto: Triawati/Medcom.id)
    Solo: Sebanyak lima anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, diduga melakukan pelanggaran etik saat melantik Ketua Panwascam Tanon, Setyo Murniati. Kelimanya pun diadili Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), di Kantor KPU Solo, Jumat, 18 September

    "Kita baru saja menggelar sidang dugaan pelanggaran kode etik pelantikan Panwascam Tanon, Sragen. Nanti dilakukan sidang kedua menghadirkan seluruh pihak terkait termasuk KPU RI, KPU Sragen, parpol, dan pihak terkait. Kita ingin seadil-adilnya dan mendengarkan keterangan dari seluruh pihak," ujar anggota DKPP, Alfitra Salam.

    Sidang kode etik digelar berdasarkan perkara Nomor 87-PKE-DKPP/IX/2020. Lima anggota Bawaslu itu didalilkan tidak profesional dan tidak cermat dalam melantik Panwas Kecamatan Tanon terpilih Setyo Murniati.

    Baca juga: Denda Sanksi Operasi Yustisi di Sidoarjo Masuk Kas Daerah

    Setyo diketahui masih tercatat sebagai pengurus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) periode 2013-2018 dan 2018-2023. Selain itu, yang bersangkutan juga diketahui pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Sragen pada Pemilu 2014.

    "Agenda sidang kali ini mendengarkan keterangan pengadu dan teradu serta saksi-saksi atau pihak terkait yang dihadirkan," imbuh Sekretaris DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno. 
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id