Bekasi Tak Punya Solusi Jangka Pendek Atasi Banjir

    Antonio - 27 Februari 2020 01:16 WIB
    Bekasi Tak Punya Solusi Jangka Pendek Atasi Banjir
    Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.
    Bekasi: Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi tidak punya solusi jangka pendek mengatasi persoalan banjir di Kota Bekasi, Jawa Barat. Ia menyebut masalah banjir di Bekasi butuh solusi jangka panjang.

    "Engggak ada solusi jangka pendek, karena itu alam solusi jangka lamanya presiden sudah menanam 40 juta pohon di hulu-hulu di Bogor," kata Rahmat di Bekasi, Rabu 26 Februari 2020.

    Menurut Rahmat, daerah rawan banjir di Bekasi yakni permukiman warga di sekitar daerah aliran sungai (DAS). Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono terkait revitalisasi Kali Bekasi.

    Rahmat mengatakan, Kementerian PUPR menyebut revitalisasi kali bakal dilakukanselama tiga tahun dengan anggaran Rp4 triliun. Proyek revitalisasi mulai dikerjakan pada September 2020. 

    "Belum sampai September intensitas (hujan) sudah tinggi," ungkapnya

    Ia menambahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika malah memprediksi hujan dengan intensitas tinggi masih terjadi hingga Maret. "Nah ini juga masih tetap waspada," ujarnya.

    Baca: Bekasi Susun Master Plan Drainase

    Ia menyebut pengelolaan sungai Bekasi, Cikeas dan Cileungsi masih di tangan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Makanya, kata dia, penanganan banjir tak bisa diatasi Bekasi seorang diri.

    "Makanya kita bantu buat memetakan bersama-sama. Kalau kita yang punya duit kita kerjakan, kalau enggak, kita minta ke pusat," ujarnya.

    Pemerintah Kota Bekasi memetakan sejumlah aliran kali yang ada guna menyusun rancangan besar drainase untuk penanganan banjir. Sejumlah aliran sungai yang melintas di Kota Bekasi yakni Kali Cikeas, Kali Sunter, Kali Buaran dan Kali Cakung.

    "Kita mau petakan, masternya kita petakan masternya, tapi secara mikronya satu-satu kita urut tuh, ada kali cakung, kali ini, kali ini," kata Rahmat di Bekasi, Rabu, 26 Februari 2020.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id