Pemkab Sleman Tolak Perizinan Salat Idulfitri Berskala Besar

    Ahmad Mustaqim - 04 Mei 2021 14:42 WIB
    Pemkab Sleman Tolak Perizinan Salat Idulfitri Berskala Besar
    Halaman muka Masjid Agung Sleman. Medcom.id/ahmad mustaqim



    Sleman: Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menolak permohonan penggunaan Lapangan Denggung, Kecamatan Tridadi, untuk menjadi lokasi salat Idulfitri (Id). Lokasi tersebut dianggap tak memenuhi persyaratan menggelar salat di tengah pandemi covid-19.

    "Ada surat permohonan salat Id di Lapangan Denggung tapi tak diizinkan," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya di Pendopo Parasamya, Selasa, 4 Mei 2021.






    Harda menjelaskan, pengaturan lalu lintas pengunjung akan sulit dikendalikan. Sebab, kata dia, jalur masuk di lapangan Denggung bisa dari berbagai sisi.

    Baca: Perjalanan Kereta Api ke Malang Dibolehkan Asal Mendesak Bukan Mudik, Ini Aturannya

    Ia mengatakan, pemerintah akan memecah konsentrasi massa yang hendak menggelar salat Idulfitri. Ia mengatakan salat Idulfitri dibolehkan di masjid atau lapangan di tingkat kampung.

    "Ini untuk memecah massa dengan meluaskan titik," katanya.

    Di sisi lain, salat Idulfitri akan dibolehkan digelar Masjid Agung Sleman. Menurut Harda, aturan dan mekanisme menjalankan protokol kesehatan di tempat tersebut sudah berjalan.

    Baca: Jelang Larangan Mudik, Penumpang di Terminal Lebak Bulus Meningkat

    "Tinggal mengatur jarak antarjemaah, tempat cuci tangan disiapkan diberbagai titik diperbaiki kalau rusak, dan kesiapan tenaga kesehatan. Selama ini masjid agung belum pernah ditutup karena ada kasus (covid-19)," kata dia.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo, berharap agar masyarakat salat idulfitri di rumah. Jika menginginkan di masjid atau lapangan, diharapkan tidak dengan jumlah jemaah terlampau besar.

    "Salat Idulfitri di masjid atau lapangan hanya level kampung. Syaratnya wilayah itu tidak zona kuning atau merah," ungkapnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id