KMP Aceh Hebat 3 Segera Rampung, Akses ke Pulau Banyak Makin Mudah

    Fajri Fatmawati - 13 November 2020 09:39 WIB
    KMP Aceh Hebat 3 Segera Rampung, Akses ke Pulau Banyak Makin Mudah
    KMP Aceh Hebat 3 di galangan kapal PT. Citra Bahari Shipyard, Tegal, Jawa Tengah. Foto: Istimewa
    Banda Aceh: Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 3 hampir rampung. Penyelesaian pembangunan kapal akan dilakukan di laut lepas, sebelum dikirim ke Aceh untuk melayani rute Pulau Banyak Aceh Singkil.

    "KMP Aceh hebat 3 ini nantinya akan mempermudah akses wisata ke Pulau Banyak," kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Jumat 13 November 2020. 

    Nova mengatakan, satu dari tiga kapal milik rakyat Aceh itu untuk mewujudkan transportasi yang berkeadilan, dengan memastikan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah terselenggara dengan baik. 

    "Kebutuhan transportasi di setiap wilayah pun memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, kapal Aceh Hebat 3 ini sesuai karakteristik laut di Pulau Banyak Aceh Singkil," ujarnya.

    Lanjut Nova, kehadiran KMP Aceh Hebat 3 diharapkan memenuhi mobilitas, baik untuk kepentingan distribusi logistik maupun transportasi penyeberangan ke daratan. Selain itu kapal tersebut juga dapat menunjang pengembangan sektor pariwisata.

    Baca: KMP Aceh Hebat 1 Segera Berlayar

    "Rakyat Aceh sudah tidak sabar untuk menggunakan kapal ini. Kita harapkan tidak ada lagi halangan untuk penyelesaian kapal karena di dalamnya masih ada beberapa tahapan pengujian seperti sea trial dan lainnya," ucap Nova.

    KMP Aceh Hebat 3 600 GT yang dibuat di Galangan PT. Citra Bahari Shipyard, Tegal, Jawa Tengah, telah diresmikan dan diluncurkan ke laut dan akan melayani rute penyeberangan Singkil-Pulau Banyak. 

    "Sama seperti KMP Aceh Hebat 1 dan 2, kapal ini diharapkan dapat memperlancar distribusi logistik dan mobilitas masyarakat sehingga dapat menurunkan kesenjangan ekonomi antar wilayah daratan dengan masyarakat kepulauan," jelasnya.

    Saat ini rute Singkil-Pulau Banyak dilayani oleh KMP Teluk Singkil yang juga melayani rute lain yaitu Singkil-Gunung Sitoli, Nias, Sumatera Utara (Sumut).

     Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meluncurkan KMP Aceh Hebat 3 di galangan kapal PT. Citra Bahari Shipyard, Tegal, Jawa Tengah. Foto: Istimewa

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id