Terminal Baranangsiang Bakal Disulap Jadi Kawasan TOD

    Rizky Dewantara - 30 Maret 2021 16:28 WIB
    Terminal Baranangsiang Bakal Disulap Jadi Kawasan TOD
    Terminal Tipe A Baranangsiang Bogor. Medcom.id/Rizky D



    Bogor: Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sepakat melanjutkan revitalisasi Terminal Baranangsiang yang sembilan tahun mangkrak. Rencananya terminal tipe A tersebut akan dibangun menjadi kawasan berorientasi transit oriented development (TOD) atau kawasan integrasi transportasi berbasis komersial.

    "Untuk saat ini kami akan memulai pembenahan terminal tersebut dengan penyesuaian izin mendirikan bangunan (IMB), setelah sembilan tahun mangkrak," ungkap Wakil Wali Kota Dedie Rachim kepada Medcom.id, di Bogor, Jawa Barat, Selasa, 30 Maret 2021.






    Dedie mengaku, pekan lalu pihaknya bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemhub), melakukan rapat koordinasi terkait rencana pembangunan Terminal Tipe A Baranangsiang menjadi kawasan TOD.

    Baca: Kabel Menjuntai di Jalan Siliwangi Raya Tangsel Ganggu Pengguna Jalan

    Lebih lanjut, pihaknya mendapatkan informasi dari Kejaksaan Agung, dan Kementerian Keuangan sudah menyetujui pola kerja sama dengan PT PGI, atau konsesi yang diberikan pemerintah pada PT PGI kurang lebih mengenai permohonan jangka waktu, pada Sembilan tahun lalu.

    Ia menambahkan, konsep tersebut belum ada konsep LRT dan trem di Terminal Baranangsiang. Sehingga saat ini Terminal Baranangsiang menjadi kawasan TOD di Kota Bogor.

    "Dalam TOD bukan urusan terminal saja, tetapi dukungan komersial. Jadi tidak berdiri sendiri, terkoneksi dengan yang lain. Misal ada tanah kosong di seberang akan dimanfaatkan, misal tol jadi stasiun LRT," sebutnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id