MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Kemenaker Gelar Uji Banding Faktor Fisika Balai K3

    Gervin Nathaniel Purba - 19 Maret 2019 18:32 WIB
    Kemenaker Gelar Uji Banding Faktor Fisika Balai K3
    ?Kemenaker Gelar Uji Banding Faktor Fisika Balai K3. (Foto: Dok. Kemenaker)
    Lampung: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar uji banding faktor fisika Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) seluruh Indonesia. 

    Uji banding dilakukan untuk mutu data pengujian dan menyamakan standar pengujian laboratorium balai-balai K3 yang tersebar di seluruh Indonesia sesuai ISO 17025:2017.
    "Data hasil pengujian kerja ini nantinya dapat dipergunakan oleh pengawas ketenagakerjaan dalam inpeksi terhadap penegakan norma K3, khususnya lingkungan kerja di perusahaan-perusahaan," kata Direktur Bina K3 Kemenaker Muhamad Idham, usai kunjungan rombongan Kepala UPT/UPTD Balai K3 seluruh Indonesia ke Balai Hiperkes dan KK Provinsi Lampung, Selasa, 19 Maret 2018.

    Dengan dilakukannya uji banding faktor fisika Balai K3, Kemenaker akan mengetahui bila ada penyimpangan/perbedaan hasil data pengujian kesehatan dan keselamatan kerja oleh masing-masing balai K3 dalam menerapkan standar ISO 17025.

    "Penyimpangan yang terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain SDM penguji, alat penguji yang digunakan atau metode pengujian yang dilakukan,” ujar Idham.

    Parameter yang diuji adalah faktor fisika, meliputi kebisingan, getaran, iklim kerja panas, dan pencahayaan. Peserta pengujian merupakan perwakilan dari 20 Balai K3 seluruh Indonesia.

    "Dalam uji banding parameter kebisingan, misalnya. Sumber kebisingan dapat diukur dengan data yang valid sehingga pengendalian kebisingan dapat dilakukan sejak dini," kata Idham menjelaskan.

    Pengendalian pada sumber bunyi dapat dilakukan dengan melakukan eliminasi, subsitusi, engineering, administrasi, dan penggunaan alat pelindung diri.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id