comscore

Kasus PMK Meningkat, Pasar Hewan di Aceh Besar Ditutup

Fajri Fatmawati - 27 Mei 2022 13:06 WIB
Kasus PMK Meningkat, Pasar Hewan di Aceh Besar Ditutup
Pasar hewan Sibreh, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, ditutup sementara. foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati
Aceh Besar: Tingginya jumlah kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Aceh Besar, berimbas pada pasar hewan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menutup seluruh pasar hewan di wilayah tersebut untuk sementara.

Petugas pengelola pasar hewan Sibreh, Muhammad Akmal mengatakan, penutupan tersebut sudah dilakukan sejak Selasa, 24 Mei 2022, guna memutus mata rantai penularan virus PMK di Kabupaten Aceh Besar, Aceh.
"Pasar hewan di Pasar Sibreh ditutup sementara karena tingginya kasus penyebaran virus PMK di Aceh Besar yang sudah mencapai 438 kasus," kata Akmal, Jumat, 27 Mei 2022.

Baca: 52 Ternak Terpapar PMK, Semua Pasar Hewan di Nganjuk Ditutup

Akmal menerangkan, jumlah tersebut tersebar di 12 kecamatan di Aceh Besar, dengan rincian 411 ekor terdapat pada sapi, 27 kasus pada Kerbau, 7 ekor sapi mati dan 7 ekor lainnya di potong paksa. 

"Penutupan pasar hewan Sibreh mengingat banyak kasus PMK di Aceh besar, sapi-sapinya di beli dipasar hewan tersebut. Dalam sebulan ini ada 10 kasus PMK yang ditemukan pada sapi yang dijual di pasar Sibreh," ujarnya.

Kasus PMK Meningkat, Pasar Hewan di Aceh Besar Ditutup

Akmal menjelaskan, instruksi penutupan sudah dua minggu lalu diberitahukan oleh Pemkab Aceh Besar. Namun, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan penutupan pasar hewan di Aceh Besar dilakukan.

“Belum tahu sampai kapan akan ditutup, karena semuanya tergantung hasil evaluasi di lapangan, jika nantinya terjadi fluktuasi penyakit dilapangannya masih tinggi, tingkat wabahnya belum steril masih terus tumbuh maka belum bisa dibuka dulu dan untuk keputusannya ada pada Bupati, Sekda dan Kadis Pertanian," jelasnya.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id