comscore

Diusik Arteria Dahlan, Warga Jabar Diajak Lestarikan Bahasa Sunda

Ahmad Rofahan - 19 Januari 2022 21:47 WIB
Diusik Arteria Dahlan, Warga Jabar Diajak Lestarikan Bahasa Sunda
Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq. Dokumentasi/ istimewa
Majalengka: Anggota DPR RI Dapil IX Jawa Barat, KH Maman Imanulhaq, meminta masyarakat Jawa Barat melestarikan bahasa sunda di berbagai tempat dan kesempatan.

Pernyataan anggota DPR RI Dapil Sumedang, Majalengka dan Subang ini sekaligus menanggapi pernyataan yang dikeluarkan oleh politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan.
"Saya justru mengajak warga Jawa Barat untuk melestarikan bahasa Sunda agar bahasa sunda tetap terjaga," kata Maman dalam keterangan pers, Rabu, 19 Januari 2022.

Baca: Gubernur Jatim Minta Lokasi Isoter Dimaksimalkan

Maman menyayangkan pernyataan yang keluar dari mulut Arteria Dahlan yang meminta Jaksa Agung, ST Burhanuddin untuk mencopot salah seorang Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang kerap mengenakan bahasa Sunda saat rapat.

Menurut Maman, buntut dari pernyataan itu malah menyakiti masyarakat sunda. Padahal kata politisi PKB itu banyak juga tokoh yang kerap menggunakan bahasa daerahnya masing-masing saat menggelar rapat dengan jajarannya.

"Mengapa yang disorot Arteria hanya satu pejabat yang kerap menggunakan bahasa sunda," jelas Maman.

Maman juga meminta Arteria untuk meminta maaf dan memberikan klarifikasi atas pernyataannya yang dinilai melukai masyarakat sunda. Dia meminta permasalahan ini berlarut-larut dan menjadi bola liar.

"Bangsa kita bangsa besar, jangan dinodai oleh pernyataan-pernyataan yang justru malah memecah belah di tengah upaya kita dalam moderasi keberagaman. Saya pun mengingatkan kepada para tokoh untuk juga berhati-hati dalam mengeluarkan statement apalagi menyinggung SARA," ujar Maman.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id