comscore

PPKM Level 3, Pemkab Kulon Progo Longgarkan Kegiatan Masyarakat

Antara - 22 Maret 2022 17:44 WIB
PPKM Level 3, Pemkab Kulon Progo Longgarkan Kegiatan Masyarakat
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo Fajar Gegana. ANTARA/Sutarmi
Kulon Progo: Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai melonggarkan kegiatan masyarakat setelah adanya kebijakan penurunan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 4 ke Level 3.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, Fajar Gegana, mengatakan hari ini pihaknya menerima Instruksi Menteri Dalam Negeri terkait dengan penurunan level di wilayah DIY termasuk Kulon Progo.
"Kegiatan masyarakat yang dilonggarkan mulai dari sosial, budaya, pariwisata, maupun ekonomi seperti di rumah makan maupun warung sekarang kapasitasnya menjadi 60 persen dari sebelumnya 25 persen," kata Fajar Gegana di Kulon Progo, Selasa, 22 Maret 2022.

Baca: Pemkot Palembang Perpanjang PPKM Level 3 Hingga 28 Maret

Dia mengatakan aktivitas perdagangan di pusat perbelanjaan juga berubah. Dari kapasitas maksimal 25 persen, sekarang menjadi 60 persen. Sektor pariwisata juga kembali dilonggarkan. Kuota kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata menjadi 50 persen dari total kapasitas, termasuk di tempat ibadah menjadi 50 persen.

"Penurunan level PPKM tidak lepas dari adanya penurunan kasus positif covid-19 harian di Kulon Progo di bawah 100 per hari, dan angka kesembuhan di atas 150 per hari. Kami mensyukuri penurunan level ini membuka kembali akses di Kulon Progo serta mendorong percepatan penumbuhan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Meski sudah berstatus Level 3, Fajar mengimbau masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. Masyarakat diimbau tidak euforia secara berlebihan. Potensi penambahan kasus positif covid-19 harian masih bisa terjadi sewaktu-waktu.

"Kita tetap harus menerapkan protokol pencegahan penularan covid-19. Masyarakat tetap tertib pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas. Ini yang harus jadi pedoman masyarakat," ungkapnya.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id