comscore

Gubernur Jateng Sebut Bendungan Randugunting Bermanfaat untuk 3 Kabupaten

Antara - 06 Januari 2022 14:09 WIB
Gubernur Jateng Sebut Bendungan Randugunting Bermanfaat untuk 3 Kabupaten
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Humas Pemprov Jateng.
Blora: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bersyukur Bendungan Randugunting bisa beroperasi setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ganjar mengatakan bendungan yang berlokasi di Desa Kalinanas, Blora, Jawa Tengah, itu memperkuat ketahanan pangan di tiga kabupaten.

Baca: Petani Berharap Bendungan Randugunting Menyuplai Air ke DAM Kedung Sepen
"Alhamdulillah, jadi ini tidak hanya untuk Blora, ini ada Bupati Pati dan Rembang yang nanti akan ikut memanfaatkan bendungan itu. Jadi ini kolaborasi tiga kabupaten dan semoga bisa bermanfaat untuk semuanya," kata Ganjar dikutip dari Antara, Kamis, 6 Januari 2022.

Di sisi lain, dia membeberkan manfaat Bendungan Randugunting selain sebagai sumber air bersih. Fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan untuk pariwisata. 

"Bagus sekali ini bentuknya dan ini sudah mulai terisi, mudah-mudahan nanti bisa bermanfaat untuk semuanya," kata Ganjar.

Petani di sekitar bendungan menyambut baik kehadiran fasilitas tersebut. Anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Sambungrejo, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Markum, menyebut petani memanfaatkan saluran irigasi Kedungsapen sebelum ada Bendungan Randugunting.

"Terima kasih Bendungan Randugunting sudah diresmikan. Setelah ada bendungan ini airnya bisa dialirkan ke Kedungsapen untuk mencukupi daerah persawahan di Kecamatan Sumber dan Kaliori, Kabupaten Rembang sekitar 1.520 hektare," kata dia.

Hal serupa disampaikan warga Desa Kalinanas bernama Matroji. Bendungan Randugunting disebut dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat di sekitarnya.

"Sebelum ada bendungan ini, sumber air kurang karena daerahnya di tengah hutan dan pegunungan, kekurangan air akibat hutan gundul. Ke depan bisa dimanfaatkan untuk memakmurkan masyarakat," kata dia.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id