comscore

Pilkada Ulang, KPU Yalimo Akan Lantik 894 PPS

Antara - 21 November 2021 14:37 WIB
Pilkada Ulang, KPU Yalimo Akan Lantik 894 PPS
Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen. ANTARA/ Marius Frisson Yewun
Wamena: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yalimo, Papua, akan melantik 894 panitia pemungutan suara (PPS) pada Selasa, 23 November 2021. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pilkada ulang yang dijadwalkan digelar 26 Januari 2022.

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen, mengatakan sudah dilakukan evaluasi terhadap PPS sebelum pelantikan. Evaluasi dilakukan sebagaimana surat edaran KPU RI Nomor 250.
"Rencana kita melaksanakan pelantikan dan bimtek hari Selasa, 23 November. Itu serentak di seluruh distrik," kata Yehemia di Wamena, Minggu, 21 November 2021.

Baca: Pedagang Pakaian di Sirkuit Mandalika Raup Untung

Dia menjelaskan sebanyak 894 anggota PPS itu akan ditempatkan di 298 kampung. Masing-masing kampung tiga orang.

"Nanti komisioner dengan PPD langsung turun ke lima distrik, kita juga langsung menjelaskan putusan Mahkama Konstitusi terkait PSU (pemilihan suara ulang/pilkada ulang), kemudian tahapan KPU," jelasnya.

Sementara untuk anggota panitia pemilihan distrik (PPD) sudah dilakukan pelantikan pada Kamis, 18 November. "Sudah lantik PPD di lima distrik kemudian kita bimtek. 25 orang, per distrik lima anggota PPD," ungkapnya.

Anggota PPD lima distrik juga dievaluasi sebelum dilantik. Dari evaluasi ada dua orang yang diganti dengan daftar tunggu. "Benawa ada dua yang diganti dengan daftar tunggu. Sudah kami tetapkan kemudian pelantikan dan bimtek," ujarnya.

Sebelumnya Mahkamah Konstitusi memutuskan Pilkada Yalimo untuk menggelar pemilihan suara ulang (PSU) setelah mendiskualifikasi Calon Bupati Yalimo nomor urut 1, Edi Darbi.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id