Eks Kalapas Tangerang Siap Bertanggung Jawab Secara Pidana

    Hendrik Simorangkir - 19 September 2021 13:44 WIB
    Eks Kalapas Tangerang Siap Bertanggung Jawab Secara Pidana
    ilustrasi Medcom.id



    Tangerang: Eks Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Victor Teguh Prihartono, siap jika harus bertanggung jawab terkait insiden kebakaran yang menewaskan 49 narapidana. Menurutnya sikap tersebut memang harus dilakukan sebagai pimpinan.

    "Saya siap jika harus bertanggung jawab secara pidana. Bagian dari risiko. Saya sadar betul konsekuensi ini. Sejak awal konsekuensi dan tanggung jawab yang harus dipikul pimpinan," kata Victor dalam keterangan pers, Minggu, 19 September 2021.

     



    Baca: Aparat Gabungan Terus Kejar Sisa DPO Teroris Poso

    Saat ini Victor telah dinonaktifkan sebagai kepala Lapas. Dia berharap proses pemeriksaan dan penyelidikan kasus kebakaran dilakukan Dirjen Pemasyarakatan dan Polda Metro Jaya dapat berjalan lancar.

    "Ini satu bentuk pertanggungjawaban (dinonaktifkan), sampai nanti pembuktian. Masyarakat pasti menanti informasi yang benar. Nantinya, saya akan ditempatkan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten di Serang," jelas Victor.

    Victor menuturkan jika dirinya telah diperiksa oleh Polda Metro Jaya terkait kasus kebakaran itu. Selain dirinya terdapat enam pejabat di Lapas Tangerang lainnya yang ikut diperiksa.

    Menurut Viktor saat ini kondisi Lapas Kelas I Tangerang itu sudah kembali normal pascakebakaran pada Rabu, 8 September 2021.  

    "Kami percaya Tuhan melihat dan melindungi teman-teman warga binaan yang diberikan umur panjang. Saat ini keadaan Lapas aman terkendali tidak ada yang mengkhawatirkan," jelasnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id